Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H atau dikenal juga dengan hari raya kurban bagi umat islam merupakan salah satu momen yang dimanfaatkan DPD PAN Kota Baubau untuk ikut berkurban, tahun ini PAN Kota Baubau berkurban dua ekor sapi, Kegiatannya dilakukan di rumah DPD PAN Kota Baubau, Rabu (21/07/2021).

Ketua DPD PAN Kota Baubau Kamil Adi Karim mengatakan semangat berkurban yang dicontohkan Nabi Ibrahim ketika diperintahkan Allah untuk menyembelih anaknya ismail dan karena keikhlasannya itu menjalankan perintah Allah kemudian digantikan dengan hewan sembilihan.

Ketua DPD PAN Kota Baubau Kamil Adi Karim menyaksikan penyembelihan hewan kurban di Rumah PAN

“Jadi aplikasi kurban kita sebagai umat yang taat kepada perintah Allah sebanarnya adalah merupakan simbol salah satunya bagaimana kita ‘menyembelih’ sifat-sifat kebianatangan yang masih ada dalam diri kita agar menjadi manusia yang taat kepada perintah Allah SWT. Kurban ini merupakan salah satu ibadah karena memang diperintahkan oleh Allah bagi yang mampu,” jelasnya.

Kamil Ady Karim pun menceritakan secara singkat sejarah Idul Adha. Di dalam Al Quran disebutkan, Ibrahim bermimpi di mana Allah memerintahkan dia untuk mengorbankan putranya sebagai tanda ketaatan kepada Tuhan.

Dijelaskan, setan mencoba untuk membingungkan Ibrahim dan menggodanya untuk tidak melakukan tindakan itu, tetapi Ibrahim mengusirnya.

Namun, saat Ibrahim hendak menyembelih Ismail, Allah menghentikannya. Allah mengirim Malaikat Jibril dengan seekor domba jantan untuk dikorbankan.

“Nabi Ibrahim diizinkan untuk mengorbankan seekor domba jantan sebagai ganti putranya. Peringatan Adha, yang berarti pengorbanan, terjadi pada hari terakhir ibadah haji,” jelas Kamil Adi Karim.

baca juga: Pemkot Baubau Kaji Instruksi Mendagri Nomor 23/2021 Tentang Perpanjangan PPKM Mikro

Untuk kurban yang disembelih DPD PAN Kota Baubau ini, lanjut Kamil Ady Karim, dikuhususkan bagi anggota PAN mulai dari tingkat Kota Baubau hingga ketingkat kecamatan dan kelurahan.(***)

Pin It on Pinterest