Pewarta: Amran

BUTON –Haris dan Ikbal adalah dua nelayan asal Buton yang menangkap ikan korapu raksasa di perairan Desa Wasuemba, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sultra pada Selasa (31/05/2022).

Peristiwa tersebut direkam kamera lalu diunggah pada canal youtub milik Ikbal berdurasi sekitar 13 menit. Tidak hanya merekam saat penangkapan ikan korapu tersebut tapi juga ikbal merekam perjalanan mereka.

Haris mengatakan bersama temannya Ikbal pergi menggunakan sampan (perahu-red) kelat Wasuemba yang berjarak satu kilometer dari desa. lalu keduanya menyelam dilaut itu.

Sebelum menyelam, keduanya melakukan persiapan yaitu menyelam tanpa alat bantu pernapasan (freediving) seperti menggunakan masker, snorkel, fins, dan tentu mempersiapkan perlengkapan memanah ikan yang telah dimodifikasi.
Dalam canal Youtub Buton Spearo, Ikbal memanah ikan disekitar karang. Sementara Haris menyelam hingga ke dasar laut. Awalnya dia melihat ada sebuah obyek semacam sebatang pohon. Setelah berada di dekat obyek itu, rupanya obyek tersbut adalah ikan kerapu berukuran besar setelah melihat ada siripnya bergerak-gerak.

Setelah memastikan itu adalah seekor ikan raksasa, Haris pun memutuskan utuk naik kepermukaan air laut untuk mengambil napas lalu kembali turun ke dasar laut dan kemudian mendekati ikan tersbut.

“Jarak ikan dan saya sekitar 3-4 meter. Saat saya mendekat ikannya malah turun ke dasar laut lagi. Saat turun itu saya mencari celah lalu saya shot dengan panah yang sudah tersambung dengan tali dan tepat kena punggungnya,” ucap Haris ditemui media ini.

Panah pertamanya itu membuat ikan berontak dan melarikan diri ke dasar laut. Meski ikan berusaha lari namun dapat dikontrol dengan tapi yang tersambung dengan anak panah pertamanya tadi. Agar ikan tidak lepas, haris kembali membidikan anak panah keduanya dan kali ini kembali mengenai punggung ikan lagi.

Kemudian tali itu cepat-cepat dia ikatkan pada pelampung jerigen berukuran lima liter yang sudah berisi air. lagi-lagi ikan karapu raksasa itu berusaha melepaskan diri dan sempat bersembunyi di tepian karang. Setelah menunggu satu jam lebih ikan raksasa itu tidak berdaya dan Haris pun menariknya ke atas dan memanggil Ikbal untuk menolong menarik ikan tersebut.

Ikbal pun kaget melihat Haris menarik ikan raksasa, tanpa menunggu lama haris meminta Ikbal untuk memanah ikan itu lagi agar dipastikan benar-benar sudah mati.

Setelah itu Haris dan Ikbal langsung membawa ikan korapu raksasa ke pinggir pantai kemudian diikat pada sebuah pohon. Saat itu dilihat oleh warga sekitar sontak menjadi heboh. Warga pun ada yang melakukan foto selfie dan diunggah kemedia sosialnya.

baca juga: Kajari Buton Tetapkan Dirum PDAM Buteng ‘AWR’ Sebagai Tersangka Korupsi ke Tiga, Kerugian Negara Bertambah Jadi Rp 4.1 Miliar

Ikan Korapu raksasa itu pun setelah ditimbang beratnya mencapai 143 kilogram akhirnya dijual dengan harga Rp 2,4 juta. Haris mengatakan hasil tangkapannya itu dihargai dengan Rp 17 ribu per kilogram oleh pembelinya. (*)