Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Pj Bupati Buton Selatan Dr Ir OMN Ilah Ladamay mengatakan, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus berpegang teguh pada sikap profesionalisme, taat aturan dan terus meningkatkan sumber dayanya.

“Selama 13 tahun menjadi PNS saya tidak pernah mengurus kenaikan pangkat, golongan III/b, namun saya terus melakukan tugas secara profesional, terus meningkatkan kapasitas diri,” ucap Ilah Ladamay saat memberi sambutan pada kegiatan Sosialisasi Perundang-Undangan Nomor 12 tentang Pangkat PNS Perka BKN Nomor 3 Tahun 2013 tentang Kamus Jabatan Fungsional dan PP Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS yang digelar oleh BKDD Kabupaten Busel di Aula SMA Swasta Safitri, Senin (5/12).

Dijelaskan, kala itu dengan pengalamannya bertahun-tahun di sebuah lembaga UNDP dalam ilmu perencanaan program, diterapkannya sistem profisionalisme dalam kerja di pemerintahan hingga dia melonjak dan dipercayai oleh gubernur untuk menduduki salah satu jabatan.

“Kita harus terus meningkatkan diri, mengerti tupoksi, kerja keras. Bukan hanya datang pagi pulang sore saja namun tidak ada yang bisa diperbuat, itu salah,” ujarnya.

Lanjutnya, profesionalisme memang harus diutamakan. Kata dia, sebelum meninggalkan Pemerintahan Buton Selatan, Ia akan meletakan dasar-dasar pemerintahan yang baik sehingga kelak jika Buton Selatan memiliki Bupati dan Wakil Bupati defenitis tinggal melanjutkan apa yang sudah ia perbuat.

“Saya sudah melakukan job-fit, fot and popertes agar pejabat yang menduduki SKPD betul-betul memiliki kompetensi keilmuannya, ini juga salah satu bagian meletakan dasar di dalam pemerintahan yang baik,” tuturnya.

Bukan hanya itu, perekrutan dalam mengangkat pejabat juga diangaap tidak boleh melakukan pungli, yang memang sudah menjadi rahasia umum. Kondisi inilah yang harus ditinggalkan dan harus diubah agar dapat terbentuk pemerintahan yang baik dan jujur untuk masyarakat.

“Saya berharap daerah ini akan menjadi lebih baik kedepan. Didalamnya, akan terdapat banyak Sumber Daya Manusia yang memiliki daya saing, profesional bekerja, memilki etos kerja yang baik, sehingga berimbas kepada pemerintahan yang sehat dan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya.(*)