Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Untuk mengefektifkan dan sebagai parameter kinerja SKPD setiap melaksanakan perjalanan dinas baik di dalam maupun keluar daerah, Pj Bupati Buton Selatan Dr Ir OMN Ilah Ladamay MS bakal menerapkan sistem laporan perjalanan dinas SKPD tersebut harus terperinci dan mendetail.

Ilah Ladamay mengatakan, sejauh ini laporan yang dibuat oleh SKPD lingkup Pemkab Busel dalam setiap kegiatannya tidak terperinci dan terkesan asal-asalan.

“Kemarin saya sudah bawa contoh tentang bagaimana pelaporan setiap SKPD melakukan perjalanan dinas baik luar daerah maupun dalam daerah. Saya akan terapkan,” kata Ilah Ladamay saat ditemui beberapa hari lalu di Rujab Bupati.

Dijelaskan, sepulangnya tiap-tiap SKPD yang melakukan perjalanan dinas harus menjelaskan seluruh kegiatan yang dilakukan dalam laporan yang akan diserahkan, mulai dari tujuan, manfaat, dan membuat notulen bahkan seluruh materi dalam perjalanan dinas tersebut harus ditampilkan dalam laporan sedetail mungkin.

“Jadi bukan laporan satu kolom itu, tetapi semua yang didapat dalam kegiatan harus ditampilkan dalam laporan. Misalnya jika mereka pergi dalam kegiatan penguatan. Kan disitu ada materi-materi tentang penguatan, biasanya diberikan buku. Maka ketika dia pulang dan bikin laporan maka dia harus sertakan dalam laporannya dengan buku itu,” ucapnya.

Lanjutnya, hal itu juga bertujuan sebagai pembelajaran bagi siapapun yang ingin mengetahui kegiatan tersebut. “Kemudian kita dapat mengetahui, apakah hasil perjalanan dinas itu bermanfaat untuk Buton Selatan, proritaskah atau tidak?” tuturnya.

Selain itu, laporan perjalanan dinas yang dibuat terperinci dapat menghindarkan dari masalah pemeriksaan oleh inspektorat atau BPK. Dalam arti dengan hasil laporan terperinci dan semua unsur yang ditampilkan dalam laporan itu tersedia dengan jelas, maka pemeriksa tidak akan memanggil karena ada kekurangan.

“Jadi kalau ada pemeriksa maka kasi saja itu hasil perjalanan kita itu. Kalau saya di provinsi, saya tidak pernah ketemu dengan inspektorat, karena saya membuat semua dalam laporan itu dalam keadaan lengkap dan terperinci. Jadi saya mau terapkan metode itu di Busel,” pungkasnya.(*)