Peliput : Amirul
BATAUGA, BP– Dalam kunjungan kerjanya di Batuatas Pj Bupati Buton Selatan Dr Ir (OMN) Ilah Ladamay MS menemukan permasalahan yang harus diselesaikan, salah satunya tenaga kesehatan honorer yang mengabdi disana tidak digaji oleh pemkab Busel khususnya SKPD teknisnya yakni Dinas Kesehatan.

Sekitar 42 tenaga kesehatan honorer yang tersebar mengabdi di Kecamatan Batuatas sampai hari ini tidak mendapatkan gaji. Kata Ilah Ladamay, pemerintah harus prihatin dengan masyarakat Batuatas ada tenaga honorer disana berjuang membantu masyarakat walau tidak digaji. Mestinya pemerintah harus menghargai pengabdian mereka. Kecamatan Batuatas, wilayah yang masih terisolasi maka itu harus menjadi perhatian.
“Saya prihatin dengan kondisi ini, mengapa tidak pernah berpikir untuk mensejahteraan mereka, menghargai pengabdian mereka kepada kita,memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Ilah Ladamay usai membacakan sambutannya dalam kegiatan memperingati hari kesehatan, Sabtu (26/11) dilapangan Wisata
Lanjutnya, bayangkan tenaga kesehatan honorer disana setiap hari melaksanakan tugas-tugasnya dengan sebaik mungkin, melakukan pelayanan kepada masyarakat, sementara Pemkab tidak membayaran gajinya.
“Saya pikir kepada Kepala Dinas Kesehatan, kalau memang ada anggarannya dan kalau memang hanya peraturan Bupati yang mengganjal mereka, ok lah, bikin sekarang, saya tanda tangan,” tegasnya

Ditambahkannya, pemkab terutama di SKPD jangan hanya bicara akan berbuat untuk membangun Buton Selatan namun harus dengan tindakan nyata, apalagi ini tentang dasar pelayanan masyarakat yakni kesehatan.
“Jadi jangan hanya bicara, bicara, asistensi, asistensi, asistensi. Satu bulan saya berada disini, SKPD kerjanya cuman asistensi. Tetapi kita asistensi pun pekerjaan itu tidak bisa diselesaikan sebaik-sebaik,” ucapnya.

Sambungnya,administrasi penganggaran Busel morat-marit, seenaknya saja pemerintah mengeluarkan dana untuk pembangunan, dana masyarakat, dana negara namun pertanggung jawabnya tidak diatur sebaik-baiknya.
“Saya ingin mengatakan sebelum saya meninggalkan buton selatan ini, saya akan menyelesaikan semua itu mulai dari 2015 sampai 2017, tetapi ingat. saya akan memberikan batas, mana yang saya akan kerjakan dan mana bukan saya yang kerjakan. Yang bukan saya kerjakan saya akan tampung dan bertahap saya akan upaya berbaiki dengan peraturan yang berlaku,” pungkasnya.

Pin It on Pinterest