Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud SE.MSi, bertindak sebagai inspektur upacara pelaksanaan Nusantara bersatu, indonesiaku, indonesia kami, indonesia kita bersama Bhineka Tunggal ika. Bertempat di halaman kantor Bupati Wakatobi, Rabu (30/11).
Pelaksanaan kegiatan itu dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk menyikapi situasi nasional yang berkembang agar tidak terjadi pergeseran di wilayah Indonesia.
Amatan Baubau Post, upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya. Kemudian dilanjutkan orasi kebangsaan oleh perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda). Materi orasi kebangsaan yakni upaya mewujudkan perdamaian, hindari kekerasan yang dapat merusak persatuan dan kesatuan.
Upacara dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh budayawan dengan judul Bangsaku, Bangsamu, indonesiamu, indonesiaku. Dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu wajib seperti padamu negeri, Berkibarlah Benderaku, Garuda Pancasila, Satu Nusa Satu Bangsa dan diakhiri dengan pembacaan doa.
Turut hadir yakni Kapolres Wakkatobi AKBP Didik Supranoto SIK, Komandan Pos AL Wakatobi Letda Rawuh Basuki. Serta sejumlah personil Polres Wakatobi, gabungan TNI AD/AL, pejabat lingkup Pemkab Wakatobi, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan sejumlah siswa-siswi mulai SD hingga SMA.
Saat pelaksanaan upacara, seluruh peserta mengenakan pengikat kepala berwarna merah putih. (***)