Laporan: Prasetyo

BAUBAU,BP- Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, SIK memimpin pelaksanaan upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat Polres salah satunya Waka Polres Baubau dari Kompol Arnaldo Van Bulow, SIK kepada Kompol Bachtiar, S.Sos di Halaman Mako Polres Baubau.Senin,(7/2/2022).

Sertijab tersebut sebagai tindak lanjut Keputusan Kapolda Sultra Nomor. : Kep 28/I/2022 tanggal 25 januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan perwira dilingkungan polda sultra.

Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo ketika memimpin sertijab pejabat di Lingkup Polres Baubau

Selain Waka Polres, sejumlah Perwira lainnya yang mengikuti sertijab adalah Kabag Ops Polres Baubau dari Kompol Bagio, SH kepada Kompol Anggi Anpoliki Putra Siahaan, SH.,SIK dan Kabag Ren Polres Baubau Kompol Bagio, SH.

Sebagaimana dirilis dalam tribrata news Baubau, dalam arahannya Kapolres Baubau AKBP. Erwin Pratomo mengatakan, serahterima jabatan dilingkungan polri merupakan proses yang sudah terencana dengan tujuan untuk menjamin dinamika manajemen organisasi dan sekaligus dalam rangka promosi bagi pejabat yang bersangkutan guna meniti karir dilingkungan polri.

“Harapannya bahwa personel yang ditunjuk sebagai pejabat yang baru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,”tutur Kapolres.

AKBP Erwin menitip pesan kepada seluruh pejabat baru agar dapat bertanggung jawab dengan tugas yang telah diemban.

Kepada Kompol Bachtiar sekalu Wakapolres Baubau, AKBP Erwin menegaskan tugas seorang Waka Polres adalah membantu Kapolres dalam mengawasi, mengendalikan, mengkoordinir pelaksanaan tugas seluruh satuan organisasi Polres serta memimpin Polres dalam batas kewenangannya.

“Memimpin Polres dalam batas kewenangannya apabila Kapolres berhalangan dan memberikan saran pertimbangan kepada Kapolres berkaitan dengan tugas pokok Polres melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pimpinan Polri di bidang pembinaan dan operasional mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian kinerja,”Jelasnya.

AKBP Erwin juga berpesan kepada Kabag Ops baru Kompol Anggi Anpoligi Putra Siahaan agar pembantu pimpinan yang berada di bawah Kapolres yang bertugas merencanakan dan mengendalikan administrasi operasi kepolisian, pengamanan kegiatan masyarakat dan/atau instansi pemerintah, menyajikan informasi dan dokumentasi kegiatan Polres serta mengendalikan pengamanan markas serta menyelenggarakan kegiatan perencanaan pelaksanaan pelatihan praoperasi, termasuk kerja sama dan pelatihan dalam rangka operasi kepolisian.

Berbeda dengan Kompol Bagio.,s.h selaku Kabag ren Kapolres Baubau kembali mengingatkan tugas pokok seorang Bagag Ren adalah menyusun perencanaan kebijakan teknis dan strategis, menyusun rencana kerja, melaksanakan dan mengendalikan program dan anggaran, menerapkan sistem manajemen organisasi dan tata laksana.

Selanjutnya melaksanakan program reformasi birokrasi, dan penyusunan rencana kebutuhan anggaran polres dalam bentuk rencana kerja anggaran kementerian/lembaga, daftar isian pelaksanaan anggaran dan laporan kinerja instansi pemerintah serta pembuatan administrasi otorisasi anggaran, penyusunan laporan realisasi anggaran, sistem manajemen anggaran polri, hibah dan penyusunan revisi anggaran.

Sementara kepada Kompol Arnaldo Von Bulow yang akan bertugas di Polda Sulawesi Tenggara, Kapolres mengucapkan terima kasih atas pengabdian selama bertugas di Polres Baubau dalam memimpin.

“Sebagai waka Polres Baubau karya -karya saudara yang telah saudara perbuat dalam kemajuan polres, baik yang menyangkut tugas – tugas pembinaan personel maupun tugas – tugas operasinal kepolisian terhadap organisasi Polres Baubau,”tambahnya.

baca juga: Dokter Pangeran: Kasus Stanting Sudah Teridentifikasi Pada 15 Kelurahan di Baubau Namun Itu Bukan Penyakit Menular

Usai pelaksanaan Sertijab, dilanjutkan dengan acara Kenal Pamit sejumlah pejabat utama Polres Baubau dan perpisahan bagi Kompol Arnaldo yang dipenuhi dengan isak haru para personil karena kehilangan sosok panutan bertempat di Aula Rupatama Polres Baubau. (***)