Peliput: Alamsyah Pradipta – Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Mahalnya ikan di pasaran membuat sebagian masyarakat harus gigit jari. Pasalnya tingginya harga membuat beberapa Ibu Rumah Tangga (IRT) mengeluh.
Salah satunya, Andra Wati mengatakan, akibat harga ikan yang mahal, sehingga pemenuhan kebutuhan lainnya menjadi terganggu. Mereka mengaku harus merogoh kocek lebih dalam untuk pemenuhan kebutuhan protein keluarga.
“Ikan mahal sekali harganya sekarang, kalau dulu bisa dibelikan untuk kebutuhan lain, apa lagi ikan cakalang sekarang sudah tinggi harganya,” ungkapnya, Kamis (24/11).
Dengan tingginya harga ikan, terpaksa dia harus mencari alternatif lain untuk lauk. Terlebih saat ini, dia harus membeli kebutuhan anaknya yang akan memasuki tahun ajaran baru.
“Kalau masih mahal harga ikan, maka kita ganti saja sama tempe dan tahu,” keluhnya.
Ibu rumah tangga lainnya, Rani menuturkan, terpaksa harus tetap membeli ikan maski harganya mahal. “Mau diapa kalau harga naik begini tetap saya beli ikan, karena orang rumah semua makan ikan,” jelasnya.
Sementara itu, menurut pengakuan salah satu pedangang di Pasar Wameo mengatakan, harga ikan yang naik disebabkan oleh hasil tangkapan nelayan yang berkurang beberapa minggu belakangan. (#)