Peliput: Arianto W

BUTON, BP- Isu terkait dugaan jual beli jabatan oleh oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Buton kini menjadi buah bibir masyarakat.

Menanggapi hal itu, Bupati Buton Drs La Bakry MSi menegaskan, apabila pihaknya berhasil menemukan ada oknum yang melakukan jual beli jabatan maka dirinya akan memberikan tindakan tegas yaitu pemecatan tak terhormat.

Bupati Buton Drs La Bakry MSi saat Membawakan Sambutan dalam Kegiatan Penyerahan Surat Keputusan tentang Pemberhentian, Pengangkatan dan Pemindahan Kepala Sekolah, di Aula SMPN 7 Buton

“Apabila saya dapati, kalaupun dia ASN, maka saya akan sanksi tegas pemecatan dengan tidak hormat,” tegas La Bakry saat membawakan sambutannya pada kegiatan Pemberhentian, Pengangkatan dan Pemindahan Jabatan Kepala Sekolah, di Aula SMPN 7 Buton, Selasa (12/10).

Orang nomor satu di Kabupaten Buton ini mengimbau kepada semua pihak, jika menemukan ada oknum yang melakukan jual beli jabatan maka segera melaporkan hal tersebut agar ditindaklanjuti.

“Karena menurut saya, tidak mungkin ada informasi yang berkembang tersebut dan laporan kepala sekolah kalau tidak ada proses jual beli jabatan,” ujarnya.

“Maka dari itu, sekali lagi saya tegaskan jangan percaya dan sesegera mungkin laporkan ke saya, agar kita basmi mafia-mafia yang coba menghancurkan daerah terkhusus nama baik saya secara pribadi,” sambungnya.

Tak ayal, Ketua DPD II Golkar Buton ini memastikan dirinya tidak pernah mengharapkan bayaran atas jabatan yang diberikan kepada para ASN.

“Saya tidak pernah menyuruh atau mengharapkan setiap jabatan bayar kepada saya melalui siapa saja, baik itu dari instansi terkait maupun siapa saja,” sambung La Bakry lagi.

Sehubungan dengan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Harmin mengatakan, dirinya sama sekali tidak megetahui soal isu dugaan jual beli jabatan kepala sekolah tersebut.

“Saya tidak mengetahui atau mendengar selama ini ada jual beli jabatan (kepala sekolah-red). Kalaupun ada, saya pribadi tidak mengetahui,” katanya.

Kendati demikian, Harmin menegaskan, jika ia menemukan ada anggotanya yang menyimpang dari aturan pemerintah khususnya terkait jual beli jabatan maka akan diberi tindakan tegas.

baca juga: Gelar Aksi Damai, Barisan Masyarakat Wabula Minta Bupati Buton Selesaikan Konflik antara Masyarakat Wabula dan Wasuemba

“Apabila kemudian hari terdapat anak buah saya melakukan jual beli jabatan, maka dengan tegas saya akan tegur dan akan melaporkan ke pimpinan, tindakan apa yang kita akan berikan kepada ASN tersebut,” tandasnya. (*)

One thought on “Isu Jual Beli Jabatan, Bupati Buton La Bakry Pastikan Sanksi Pemecatan jika Ditemukan”

Comments are closed.