BAUBAU,BP– PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Baubau, selalu memperhatikan standar keselamatan bagi para penumpangnya. Jika cuaca buruk terjadi, maka izin pelayaran tetap akan berpatikan pada Syahbandar.

Manajer Usaha ASDP Cabang Baubau Supriadi menjelaskan, pihaknya bertindak sebagai operator untuk mengoperasikan kapal feri. Sementara seluruh izin pelayaran tetap dikeluarkan oleh syahbandar.

“Surat persetujuan berlayar itu dari syahbandar, kalau tidak memungkinkan tidak dikasih (surat persetujuan berlayar-red) berati kita tidak bisa berlayar, tetapi kalau dikasih berarti memungkinkan berlayar, ” katanya kepada Baubau Post ditemui pekan lalu.

Dikatakan, keselamatan penumpang jauh lebih penting dan juga sudah jadi menjadi tangung jawab Syahbandar.

“Cuaca tetap berpatokan kepada BMKG, artinya syahbandar memungkinkan kalau tidak bagus persetujuan berlayar kita ditahan, kita mengikut saja,” ungkapnya

Untuk itu pihaknya akan selalu menyaipaikan kepada penumpang apabila cuaca buruk maka pelayaran akan di unda hingga cuaca membaik. Pihaknya juga selalu menyampaikan kepada para nahkoda tetap berpatokan kepada informasi BMKG.

“Sampai membaik dan diberikan informasi kepada penumpangnya, kami juga mengimbau seluruh nahkoda melalui grup untuk cabang Baubau di sini tetap memperhatikan keselamatan dan berpatokan pada BMKG, ” ujarnya. (#)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest