Laporan: Prasetyo M

BAUBAU, BP-Dengan semangat HUT ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, diharapkan Pemuda Baubau dapat menjadi pemuda yang tangguh. Selain itu, pemuda Baubau juga harus mampu mengisi kemerdekaan dengan semangat pantang menyerah.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, saat ditemui usai menjadi inspektur Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan Lembah Hijau Kota Baubau, Selasa (17/8/2021).

“Harapan kita adalah agar para pemuda Kota Baubau, bisa mewarisi sekali gus mengisi dan melanjutkan hasil yang telah dicapai oleh para pendahulu kita. Jadi perjuangan itu bukan hanya pada masa lalau, tetapi perjuangan itu adalah hari ini, hari esok dan dimasa yang akan datang,” ujar La Ode Ahmad Monianse.

Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse ketika menjadi Irup Penaikan Bendera Merah Putih di HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun 2021

Wakil Wali Kota juga berharap, dengan semangat 17 Agustus tersebut, masyarakat Kota Baubau mampu menyemangati diri untuk menjadi masyarakat yang tangguh. Dengan demikian, secara tidak langsung masyarakat Baubau telah berkontribusi untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tumbuh.

“Diharapkan dengan semangat 17 Agustus ini kita bisa menyemangati bangsa ini untuk menjadi Indonesia yang Tangguh dan Tumbuh. Sehingga perjuangan kita ke depan, dalam mewujudkan Indonesia yang lebih adil, lebih sejahtera, dan lebih makmur dapat kita wujudkan,” harapnya.

Terkait dengan pembangunan di Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menuturkan, dengan semangat HUT ke 76 Kemerdekaan RI tersebut, persoalan pembangunan dapat menjadi introspeksi semua pihak. Pasalnya, masih banyak hal-hal yang harus diperjuangkan untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

“Saya kira dengan semangat 17 Agustus hari ini, pembangunan di Kota Baubau akan menjadi introspeksi kolektif bagi kita semua. Untuk melihat bahwa masih banyak hal yang perlu kita benahi dan kita perjuangkan untuk mencapai cita-cita bersama, yakni menjadikan Baubau sebagai kota yang Maju, Sejahtera dan Berbudaya,” tuturnya.

“Mari pemuda Indonesia khususnya pemuda Baubau, mantapkan potensi untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Bung Karno berkata, berikan aku seribu orang tua, akan kucabut Semeru dari akarnya, berikan aku sepuluh pemuda akan kuguncang dunia. Wahai pemuda Indonesia, ditangan kalianlah kami gantungkan harapan untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ini,” imbuhnya.

La Ode Ahmad Monianse juga mengungkapkan, aset terbesar dari suatu negara bukanlah sumber daya alamnya, melainkan sumber daya manusia dari negara itu sendiri. Menurutnya, untuk mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya, diperlukan kualitas sumber daya manusia Indonesia, terutama dalam hal pendidikan.

“Maka dari itu, pembenahan fasilitas pendidikan harus menjadi prioritas utama yang harus dilakukan untuk perbaikan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan kepedulian dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, hingga generasi mudah,” tandasnya.

Petuga Pengibar bendera merah putih sedang membentangkan bendera siap dikibarkan

Selain itu, La Ode Ahmad Monianse juga merasa sangat prihatin, dengan kondisi bangsa yang tengah dilanda pandemi Covid-19 sejak 2 Tahun terakhir ini. Untuk itu ia mengingatkan, agar masyarakat Baubau tidak lengah dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan demi menjaga diri dan keluarga dari paparan Covid-19.

“Saya kira kita semua sangat prihatin dengan pandemi ini, tetapi bukan berarti dengan keprihatinan itu lantas kita tidak bekerja. Maka dengan keprihatinan ini, kita harus mampu membangun semangat untuk bersama-samai bergotong royong agar kita semua bisa keluar dari pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

Sementara itu, upacara pengibaran bendera merah putih dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi ke-76 tingkat Kota Baubau pada Selasa pagi (17/8/2021) di lapangan lembah hijau dipimpin langsung Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

baca juga: Wawali Baubau La Ode Ahmad Monianse Meminta Camat Aktifkan Tim Covid-19 Tingkat RT Yang Sudah Terbentuk

Turut pula hadir Ketua DPRD Kota Baubau, wakil ketua DPRD Baubau dan anggota, unsur muspida dalam hal ini Kapolres Baubau, Dandim 1413 Buton, Ketua PN Baubau, Ketua PA Baubau, Sekda Kota Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd serta pejabat eselon II.

Usai mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih, Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama Muspida dan Sekda Kota Baubau mengikuti secara virtual upacara peringatan ke-76 detik-detik proklamasi Republik Indonesia bersama Presiden Republik Indonesia di rujab Wali Kota Baubau.(*)

3 thoughts on “Jadi Irup Penaikan Bendera di HUT RI ke 76 Tahun 2021, Wawali La Ode Ahmad Monianse Ingin Pemuda Baubau Harus Mampu Mengisi Kemerdekaan”

Comments are closed.