PASARWAJO, BP – Gala Desa dibuka langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI di lapangan Pasarwajo Sabtu (16/11). Pihak Kemenpora berharap, Buton dapat melahirkan atlit terbaiknya.

Semangat olahraga yang digaungkan Kemenpora melalui kegiatan gala desa ini bertujuan membudayakan olahraga dan  memasyaratkan olahraga. Di samping itu juga dapat melahirkan atlit-atlit yang berpotensi tampil di kancah olahraga nasional maupun internasional ke depannya.

Kabupaten Buton menjadi daerah yang mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Pusat melalui Kemenpora. Bagaimana tidak, Pemkab Buton sudah kali ketiga dipercayakan mencari bibit unggulnya melalui gala desa. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya rombongan Kemenpora di Buton.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, diwakili Kepala Bidang Pembinaan Kedeputian Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Rahayu Puji Sunarwati hadir di Buton membuka kegiatan Gala Desa, di Lapangan Pasarwajo, Sabtu (16/11).

“Kabupaten Buton merupakan salah satu Daerah di Indonesia yang mendapatkan prioritas dari Kemenpora RI dalam memasyarakatkan olahraga, melalui kegiatan Gala Desa ini,” katanya dihadapan Pejabat Lingkup Pemkab Buton dan Pelajar Kabupaten Buton.

Rahayu berharap Pemkab Buton tidak kalah dengan Daerah lainnya di Indonesia. Jika Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, bisa melahirkan atlet yang berprestasi di tingkat Internasional melalui Gala Desa. Maka hal yang sama diiginginkan wanita berhijab ini terjadi juga di Buton.

“Melalui Gala Desa ini muncul bibit atlet yang kita harapkan. Atlet-atlet berprestasi dari masing-masing cabang olahraga yang dilaksanakan,” harapnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Gala Desa 2019 ini, mempertandingkan empat cabang olahraga yakni Bola Voli, Takraw Atletik perempuan dan laki laki, Sepak Bola.

Peliput : Asmaddin

Pin It on Pinterest