• Muh Irfan: Sebelum Berangkat, Dilakukan Pengecekan Kelayakan Kapal

BAUBAU, BP- Jaga keselamatan pelayan kapal, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas 1 Baubau intens menginformasikan cuaca kepada seluruh kapal yang akan berangkat melalui Pelabuhan Murhum.

Hal itu di ungkapkan oleh Kepala Seksi Kesabandaraan UPP Pelabuhan Murhum Kota Baubau Muh Irfan.

“Kita sudah buat surat edaran untuk dilaporkan pada kapal, setengah jam sebelum keberangkatan terkait cuaca di lapangan,” kata Muh Irfan saat di hubumgi via seluler beberapa waktu lalu.

Dikatakan, selain memberikan informasi cuaca, surat edaran itu juga mengingatkan agar kapal yang akan berangkat memperhatikan alat keselamatan berlayar, dan selalu mengkomunikasikan situasi perjalanan ke pelabuhan tujuan. ” Adanya surat edaran lebih memperhatikan alat keselamatan berlayar itu, dan juga melalui navigasi nanti mereka akan melaporkan ke UPP,” ungkapnya.

Selain berkoordinasi dengan pihak kapal, UPP Baubau juga telah menyampaikan titik lokasi persinggahan jika terjadi cuaca buruk selama pelayaran melalui surat edaran yang diberikan ke nakoda kapal.” Memang sudah ada ditentukan beberapa titik itu. Ada tiga titik yang kemarin kita sudah bahas, jadi edaran yang terbaru itu masalah alat keselamatan dan pelaporan posisi dan kondisi cuaca di lapangan,” ungkapnya.

Lanjut, apabila kapal belum berangkat dan terjadi terjadi cuaca buruk yang membahayakan keselamatan penumpang maka dipastikan pihaknya tidak akan memberi izin untuk berlayar.” Pasti tidak, kita tunggu dari BMKG dan kita tetap koordinasi juga antara pemilik kapal yang sudah tiba, kita selalu komunikasi via telepon menayakan kondisi cuaca di lapangan,” tuturnya.

Ditambahkan, untuk memastikan kondisi kapal sebelum berangkat, pihaknya selalu turun ke lapangan dan memastikan kondisi kapal siap untuk melakukan pelayaran.” Setiap sebelum keberangkatan, petugas kita langsung ke kapal untuk melakukan pengecekan dan penyampaiyan kepada nahkoda kapal,” tutupnya.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest