Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Untuk mempermudah pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Wakatobi, pemerintah daerah mengadakan Puskemas keliling (Pusling) berupa kapal Speed Boat. Keadaan alam Kabupaten yang terdiri dari kepulauan menjadi alasan penerapan sistem ini, sehingga dapat menjangkau masyarakat yang berada di Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko.
Bupati Wakatobi, Arhawi Ruda mengatakan, dalam pengoperasian speed boad nanti pemerintah daerah akan berupaya untuk menganggarkan pula biaya operasionalnya. Dan untuk mempermudah alokasi anggaran operasional, PemkabWakatobi akan berupaya menurunkan langsung kesetiap instansi terkait.
“Jika speed boad ini sudah ditempatkan di pulau-pulau besar di Wakatobi dua, kita akan mengalokasikan biaya operasional. Untuk mempermudah anggaran operasional, kita akan tempatkan langsung di setiap Puskesmas atau di setiap kecamatan. Ini tentu untuk mempermudah masyarakat,” ucap Arhawi Ruda.
Kata Arhawi Ruda, speed boad itu diharapkan dapat membantu masyarakat yang sangat membutuhkan. “Jika ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan hendak dirujuk ke kabupaten maka dapat dilakukan dengan menggunakan speed boad. Daerah kita yang terdiri atas pulau-pulau, tentu speed boad diharapkan dapat menjadi solusi untuk membantu masyarakat,” katanya.
Arhawi Ruda, mengingatkan kepada seluruh masyarakat pulau Tomia bahwa kedepan pemerintah daerah dalam menjalankan beberapa program yang telah berjalan, akan berupaya untuk secara bergilir berkantor disetiap pulau. “Ketika satu tahun anggaran maka kami akan berkantor disetiap pulau satu bulan lamanya. Ini dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” himbaunya. (***)

Pin It on Pinterest