Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi menggandeng pihak Bank Sultra melaksanakan sosialisasi transaksi non tunai. Kegiatan yang dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta perwakilan keuangan seluruh unit kerja itu berlangsung disalah satu Hote di Wakatobi, Senin (11/12/2017).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wakatobi, Muh Ilyas Abibu, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan itu mengatakan sosialisasi transaksi non tunai merupakan perubahan undang-undang terkait tata kelola keuangan.

“Ini semua dalam rangka perbaikan kinerja pemerintahan khususnya dalam tata kelola keuangan. Awalnya merujuk UU Nomor 5 Tahun 1976 yang kemudian seiring waktu dan perkembangan teknologi mengalami beberapa perubahan hingga saat ini,” terang Muh Ilyas Abibu.

Dengan perubahan undang-undang terkait tata kelola keuangan itu lanjut Muh Ilyas Abibu, seluruh birokrasi khususnya yang memiliki tugas berkaitan dengan keuangan dituntut untuk segera mempersiapkan diri. Sehingga diharapkan dalam penerapannya nanti bisa mendukung kebijakan ppememrintah.

“Perubahan tata kelola keuangan ini, kita harus siap sehingga proses kebijakan pemerintah daerah berjalan dengan baik. Masing-masing instansi pengguna anggaran harus bekerja sama dengan Dinas Pengelola Anggaran. Ini suatu tuntutan perkembangan jaman saat ini. Perubahan aturan dan teknologi mempengaruhi sistim pekerjaan kita,” ucap Sekda Wakatobi.

Perbaikan tata kelola keuangan sesuai tuntutan dalam undang-undang baru itu kata Muh ILyas Abibu, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan seluruh penghargaan yang telah didapatkan Pemkab Wakatobi terkait pengelolaan keuangan.

“Ini juga merupakan salah satu untuk melengkapi pengeloaan keuangan demi melengkapi penghargaan-penghargaan yang telah kita dapat selama ini seperti WTP. Aturan ini kedepan para bendahara akan semakin kecil menyimpan uang tunai, sekaligus memproteksi diri dari aksi kejahatan. Karena kita telah menandatangi MoU dengan Bank Sultra, maka insya Allah mulai Januari 2018 kita akan berlakukan aturan ini,” katanya.

Sementara itu Direktur Utama Bank Sultra, Haerul, jika selama ini transaksi di pemerintah daerah itu dilakukan dengan cara tunai dan non tunai. Maka mulai Januari 2018 seluruh transaksi di pemerintah daerah dilakukan dengan non tunai.

“Manfaatnya banyak, misalkan menyimpan uang sangat aman. Kemudian menjamin transparansi pengelolaan keuangan. Evektifnya berjalan mulai 1 Januari 2018,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest