Peliput: Gustam — Editor: Ardi Toris

PASARWAJO, BP- Pertahanan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buton jebol, setelah dua orang terkonfirmasi positif, masing-masing inisial pasien 01 (44) dan pasien 02 (46), Jumat (05/06).

Kedua pasien tersebut berasal dari Kecamatan Pasarwajo. Namun untuk pasien 01 telah meninggal dunia, sehingga total kasus positif yang masih dalam perawatan menjadi satu orang.

Kini pasien tersebut tengah menjalani karantina di eks Kantor Bupati Buton. Dan belum diketahui dari cluster mana pasien tersebut. Namun diketahui, untuk pasien 02 pernah melakukan perjalanan luar daerah tiga bulan lalu.

“Untuk pasien 02 ini, masuk ke rumah sakit dengan gejala sesak napas, namun setelah perawatan, dia sembuh, tapi hasil swabnya positif, sehingga saat ini pasien dinyatakan tanpa gejala,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buton, dr Hayun kepada awak media.

Tim Gugus Tugas, lanjut dr Hayun, akan melakukan penelusuran terhadap yang pernah kontak dengan pasien dalam 14 hari terakhir. Termasuk keluarga pasien akan dilakukan swab.

“Kita akan telusuri semua, sehingga nanti status mereka (yang perna kontak dengan pasien-red) OTG,” ungkap Dokter Spesialis Anak itu.

Untuk diketahui, berdasarkan data Tim Gugus Tugas Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), terjadi penambahan 5 kasus baru di Sultra, masing-masing berasal dari Kabupaten Buton 2 orang, Kabupaten Buton Tengah 1 orang, Kabupaten Kolaka 1 orang, Kabupaten Kolaka Utara 1 orang.

Sedangkan untuk kasus sembuh terdiri dari Kabupaten Kolaka Utara 1 orang, Kabupaten Konawe Selatan 2 orang, Kota Kendari 3 orang, dan Kabupaten Buton Tengah 4 orang. (*)

Pin It on Pinterest