• Sekolah Wajib Sediakan Masker untuk Diberikan Kepada Siswa yang Lupa Membawa Masker atau Rusak Maskernya

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Himbauan Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse agar sekolah melaksanakan apel dan upacara bendera setiap hari senin dengan tujuan agar kedisiplinan di sekolah itu mulai diterapkan secara bertahap Direspon serius oleh Kadis Pendidikan Kota Baubau La Ode Aswad.

Sebagai tindak lanjutnya, pihak dinas pendidikan kembali menegaskan menghimbau sebagaimana disampaikan Plt Walikota Baubau agar sekolah di Baubau melaksanakan apel dan upacara bendera dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau La Ode Aswad

“Memang kedisiplinan ini menjadi perhatian Pak Walikota, jadi kita sebagai jajarannya wajib melaksanakan himbauan itu termasuk sekolah. Saya terus memantau pelaksanaan apel dan upacara ini di sekolah-sekolah yang ada di Baubau sambil kita menyesuikan dengan perkembangan yang ada. Kalau saat ini pelaksanaan apel dan upacara itu sudah bisa dilaksanakan di sekolah tapi syaratnya sudah harus mempersiapkan prokesnya,” tutur La Ode Aswad, Selasa (08/02/2022).

Menurut Kadis Dikbud Prokes itu jangan hanya diucapkan akan tetapi harus disiapkan semua kelengkapannya, misalnya harus memakai masker, menyiapkan sanitizer, dan sarana cuci tangan. “Tidak ada artinya kalau hanya sebut prokes, prokes…tapi sarana prokesnya tidak disiapkan,” katanya mengingatkan.

La Ode Aswad pun menegaskan bahwa pihak sekolah wajib menyiapkan masker untuk siswanya setiap saat. “Kalau ada siswa yang lupa membawa masker, atau kalau ada masker siswa yang tiba-tgiba rusak maskernya pada jam sekolah maka pihak sekolah wajib memberikan masker. Itu sudah kita sampaikan kepada semua sekolah dan harus menjadi standar saat proses belajar tatap muka berjalan,” ucapnya.

Dia pun menyinggung ulang soal pelaksanaan apel dan upacara, kata La Ode Aswad, disesuikan dengan keadaan lapangan atau kondisi sekolahnya. Dia mencontohkan untuk lapangan sekolah yang berukuran kecil seperti yang ada di SMPN 2 Baubau, maka pelaksanaan apel dan upacara dilakukan secara bergelombang.

baca juga: Sempat Tertunda, Dispora Baubau Bersama Pemprov Sultra dan Buton Kembali Jadwalkan Pertemuan Penetapan SK Cabor untuk Porprov ke 14

“Kalau lapangan sekolahnya berukuran besar, maka itu bisa saja dilakukan sekaligus. Karena intinya tetap melaksanakan apel dan upacara tapi jaga jarak dan menghindari kerumuman dimasa sekarang ini tetap harus menjadi perhatian utama,” tuturnya. (***)