Kadis DP3A Baubau Wa Ode Soraya

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Angka kekerasan anak di Kota Baubau tahun ini disebut menurun. Peran orang tua sangat berpengaruh dalam mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak.

Kadis DP3A Baubau Wa Ode Soraya
Kadis DP3A Baubau Wa Ode Soraya

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Baubau, Wa Ode Soraya mengungkapkan, orang tua harus senantiasa mengontrol kegiatan anaknya di luar rumah. Tanpa pengawasan, anak sangat rentan menjadi korban kekerasan.

“Memang peran orang tua sangat penting di dalam menurunkan kasus kekerasan terhadap anak,” ungkapnya.

Orang tua lanjutnya, harus menyelipkan waktu buat dan perhatian buat anaknya, sesibuk apapun. Terlebih saat usia anak menginjak remaja, perlu diberikan haknya untuk berbicara dan berdiskusi.

Misalnya, sebelum isya kasih mereka waktu. Di situ anak-anak bisa bercerita, orang tua juga bisa mengisi anaknya dengan agama dan cerita yang positif kepada anak,” urainya.

BACA JUGA: Kadis DP3A Baubau Minta Orang Tua Berikan Ruang Anak Berpendapat

Namun kadang orang tua lanjut Soraya, menganggap anaknya yang sudah beranjak dewasa tidak perlu diberikan waktu. Justru saat itulah, orang tua harus menjadi sahabat diskusi dan curhat dengan anaknya.

“Kekerasan itu bisa muncul awalnya tidak ada diskusi di rumah, sehingga anak terpaksa cerita kepada yang lain. Dikhawatirkan tempat curhatnya menjadi tempat munculnya kekerasan,” terangnya.

Soraya menambahkan, anak adalah generasi pelanjut. Dirinya berharap, orang tua tidak menyepelehkan tumbuh kembang anaknya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

ISTRI & ANAK ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SEDIH SAKSIKAN PEMAKAMANNYA

ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SAAT TUGAS OLEH SEORANG PEMUDA DI KELURHAN NGKARING-NGKARING, KECAMATAN BUNGI, KOTA BAUBAU DIMAKAMKAN DENGAN UPACARA MILITER. ANAK DAN ISTRI ALMARHUM SERDA BASO HADANG TERLIHAT SANGAT SEDIH DAN PILU MENYAKSIKAN DETIK-DETIK UPACARA PEMAKAMAN SUAMINYA. SEMOGA ALMARHUM DITERIMA DISIS ALLAH SWT DAN KELUARGA YANG DITRINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN HATI. AMIN. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest