• Aktivis Perisai Demonstrasi Tuntut Pertanggungjawaban Soal Rumput Stadion Betoambari Yang Gagal Tumbuh

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Mantan Kadis Pemuda dan Olahraga La Ode Darussalam melaporkan demonstran Perisai ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan para aktivis saat melakukan demonstrasi di Kantor Infokom Kota Baubau pekan lalu.

Darussalam yang ditemui saat melihat penanaman kembali rumput stadion Betombari Jumat (08/04/2022), mengatakan tidak terima dirinya dituding ada kongkalingkong dengan kontraktor yang saat ini mengerjakan penanaman rumput stadion yang berstandar FIFA tersebut.

Kadis Infokom Kota Baubau La Ode Darussalam

“Saya sudah laporkan ke polisi mereka yang berenam melakukan demonstrasi di Kantor Infokom. Saya dituduh ada kongkalingkong dengan kontraktor artinya itu apa, saya dituding ada permainan dengan kontraktor hingga membuat rugi negara?” katanya.

Darusssalam mengatakan memang setiap warga negara yang ingin mmenyampaikan pendapat di depan umum dijamin oleh Undang-undang, “Akan tetapi itu tidak berarti menabrak aturan lainnya. Boleh menyampaikan pendapat di depan umum seperti melakukan demonstrasi, tetapi juga yang menyampaikan pendapat harus menghargai orang lain termasuk tidak asal menuduh apalagi mencemarkan nama baik seseorang.” lanjutnya.

La Ode Darussalam mengatakan rekan-rekan Perisai melakukan demontransi mempertanyakan terkait rumput lapangan Stadion Betoambari yang gagal tumbuh. “Sudah saya jawab bahwa hal itu disebabkan karena adanya cuaca ekstrim di Baubau. Akan tetapi kita tidak membiarkannya terbengkelai begitu saja. Saat ini kita melakukan penanaman ulang kembali. Saya katakan silahkan kawan-kawan Perisai datang lihat sendiri di Stadion Betoambari, saat ini rumputnya sedang ditanam ulang,” tuturnya.

baca juga: Safari Ramadhan di Masjid Bone-Bone, Ahmad Monianse : “Kontribusi Doa Masyarakat Penting Untuk Pembangunan Baubau”

La Ode Darussalam didemo oleh aktivis Perisai karena dia merupakan pejabat pembuat komitmen (PPK) berkenaan dengan proyek renovasi Lapangan Stadion Betombari termasuk penanaman rumput impor Zoysea Matrella di Lapangan Stadion Betombari yang mana ketika itu menjabat sebagai Kadis Pemuda dan Olahraga.

Karena aksi demonstrasi yang dilakukan Perisai dinilai berlebihan oleh Darussalam sehingga dia memutuskan melaporkan para aktivis ke aparat kepolisian dengan tuduhan pencemaran nama baik. “Mereka datang demonstrasi ke kantor Infokom Baubau dan sampai masuk paksa dalam ruangan kerja saya. Ini bagaimana adab orang berdemonstrasi,” katanya, sambil memperlihat rekaman video demontrasi yang dilakukan aktivis Perisai di handphonnya. (***)