Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Buton Selatan (Busel) bakal menyusunan dokumen Amdal ruas jalan baru yang menghubungkan Desa Lawela Kecamatan Batauga hingga Desa Saumulewa Kelurahan Todombulu Kecamatan Sampolawa ditahun 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Buton Selatan L.A. Sufi Hisanuddin mengatakan saat ini pembangunan ruas jalan baru tersebut yang membelah kawasan hutan Buton Selatan itu, pihaknya sedang dalam pembuatan MoU dengan Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XXII Kendari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Buton Selatan L.A. Sufi Hisanuddin

“Kita sedang mengkomunikasikan hal ini dengan BPKH karena jalan baru ini mengena kawasan hutan,” ucap Sufi Hisanuddin belum lama ini.

Dalam perencanaan lebar jalan sekitar 30 meter, dengan panjang jalan hingga 18 kilometer dari Desa Lawela Kecamatan Batauga hingga tembus Desa Saumulewa Kelurahan Todombulu Kecamatan Sampolawa dengan melewatu titik-titik kawasan strategis baru.

“Jadi Jalan baru ini melintasi Lawela ke Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dari TPA ke Busoa, Busoa ke Markas Brimod Busel, kemudian tembus kawasan Perkantoran Laompo, dari Laompo ke Kawasan Perkantoran di Masiri dan selanjutnya tembus ke Desa Saumulewa Sampolawa,” jelasnya.

Dikatakan, rencana pembangunan jalan baru tersebut sangat perlu. Pasalnya mengingat jalan berstatus provinsi yang ada saat ini jika mau diperlebar kemungkinan besar sangat susah. Apalagi sebagian besar jalan yang melintas di kawasan pemukiman di pesisir dari Batauga-Sampolawa sudah sangat sempit.

Lanjutnya, selain itu juga untuk pengembangan kawasan pemukiman baru, apalagi jalan baru itu melintasi titik-titik kawasan strategis.

Kata Sufi Hisanuddin, pengembangan jalan baru tersebut juga menjadi cita-cita Bupati Busel H La Ode Arusani. Untuk itu Dinas PU sebagai perpanjangan tangan Bupati semaksimal mungkin mewujudkannya.

“Jika pembangunan jalan baru tersebut terwujud maka jarak tempuh dari Baubau-Batauga-Sampolawa sudah semakin singkat, saat ditraking dari Lawela hingga Saumulewa Sampolawa hanya berjarak 18 kilometer,”katanya.

baca juga: Bupati Buton Selatan Hadiri Pengukuhan Perangkat Sara Lontoi Kecamatan Siompu

Ia menambahkan, tentunya walaupun sudah direncanakan oleh pemerintah daerah, terwujudnya jalan itu tergantung kemampuan keuangan daerah. Apakah sekaligus dibuka jalan baru tersebut nantinya atau secara kerjakan secara bertahap.(*)