Ketgam : Kondisi Kantor Bupati Busel Tampak tidak ada aktifitas, Kamis (22/12)
– Kabag Hingga Kades Lakukan KAD

Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Di Buton Selatan, Kantor Bupati yang dijadikan sebagai Sekretariat Daerah yang terletak di Kelurahan Laompo, Kecamatan Batauga, seakan tidak berpenghuni. Pasalnya, dalam kantor tidak terdapat kehadiran para pegawai, bahkan tidak adanya aktifitas seperti layaknya sebuah kantor pelayanan masyarakat, dimana mulai dari Pj Bupati Busel, Asisten hingga para Kepala Bagian (Kabag) tak terlihat masuk kantor pada Kamis (22/12).

Amatan koran ini, dari sembilan bagian pemerintahan yang ada di Kantor Bupati Busel, hanya dua bagian yang terlihat hadir menjalankan pelayanan masyarakat, yakni Bagian Humas dan Bagian Ekonomi. Sedangkan yang lainnya masing-masing, bagian Kesra, Tapem, Ortala, Hukum, Umum, Pembangunan dan Keuangan tak terlihat beraktifitas menjalankan roda pemerintahan, bahkan sebagian pintu ruangannya tertutup rapat.

Dibagian Kesra hanya terlihat dua orang pegawai yang berkantor, sedangkan yang lain seperti Bagian Hukum hanya terlihat satu orang pegawai.

Lebih miris lagi Bagian Ortala, bangunan yang satu atap dengan Bagian Hukum tersebut tertutup rapat, tak satupun pegawai dan staf terlihat berada dalam kantor. Hal serupa juga terjadi di Bagian Keuangan dan Pembangunan. Bangunan yang terletak di sebelah Utara Kantor Bupati Busel itu tertutup rapat menandakan tidak adanya aktifitas.

Fenomena tersebut terjadi bukan hanya di Kantor Bupati Busel, namun beberapa instansi juga terjadi demikian. Seperti Kantor ESDM yang terletak di Kelurahan Lakambau, Kecamatan Batauga. Bangunan kantor terlihat tertutup rapat sejak pagi, bahkan lampu penerang depan kantor masih menyala, artinya sedari pagi kantor tersebut belum dibuka bahkan waktu masih menunjukan kurang dari pukul 12:00 Wita.

Informasi yang dihimpun media ini dilapangan, hampir seluruh para pejabat dan staf pemerintahan sedang berada diluar daerah, guna melaksanakan Kajian Antar Daerah (KAD) di Surabaya dan Jakarta.

Bahkan, dalam perjalanan tersebut melibatkan seluruh kepala desa dan seluruh lurah yang tersebar di Buton Selatan. Kabag Humas Sekretriat Daerah Buton Selatan La Ode Idsyad Awaluddin, membenarkan kondisi yang terjadi di Sektretariat Pemda Busel, bahwa sebagian besar pegawai lagi keluar daerah.

“Lagi keluar daerah, kalau tidak salah ke Surabaya,” pungkasnya.

Sedangkan diketahui, Pj Bupati Busel Dr Ir H OMN Ilah Ladamay dikabarkan tengah dirawat intensif dirumah Sakit Bahteramas Kota Kendari, dikarenakan kesehatannya menurun akibat padatnya kegiatan yang dilakukan.(*)