BATAUGA, BP – Masyarakat di Siompu Barat dan sekitarnya, kini sudah dapat menikmati kemudahan melakukan transaksi perbankan. Pasalnya Kantor Kas Bank Sultra resmi beroperasi di Siompu Barat mulai Senin (09/12).

Kantor Kas Bank Sultra ditempatkan di Kecamatan Siompu Barat dan diresmikan langsung Plt Bupati Buton Selatan, H La Ode Arusani. Dalam sambutannya, H La Ode Arusani berharap agar masyarakat baik Siompu maupun Siompu Barat tidak lagi kesulitan dalam melakukan transaksi perbankan.

“Adanya Bank Sultra ini merupakan salah satu giat Pemkab Busel dalam rangka mengakomodasi setiap pelaku ekonomi yang ada di Busel, Apalagi rata-rata masyarakat kepulauan Siompu adalah perantau,” ucapnya.

Arusani berharap, kemudahan bertransaksi melalui perbankan, khususnya Bank Sultra tidak hanya dinikmati oleh masyarakat wilayah daratan Busel tetapi dapat dinikmati oleh masyarakat kepulauan. Selain telah hadirnya Kantor Kas Bank Sultra di Siompu Barat, pihaknya juga di tahun 2020 akan mengusulkan kembali agar dibuka kantor cabang di kepulauan Batuatas dan Kadatua.

“Semoga di tahun depan akan dibuka di Batuatas dan Kadatua agar masyarakat kedua wilayah itu dengan cepat melakukan transaksi demi kebutuhan sehari-hari, tanpa harus ke Baubau atau Batauga yang mengeluarkan biaya transportasi hanya untuk menabung atau pun mencari uang,” ujarnya.

Sementara Kepala Divisi Korsec Bank Sultra, La Ode Muhammad Mustika, mengatakan pada 2019 ini telah dibuka enam kantor kas Bank Sultra di beberapa wilayah. Salah satunya di Busel yang terletak di Siompu Barat

“Pemkab Busel telah mengusulkan adanya Bank Sultra ini dan telah melalui survei oleh BPD sehingga hari ini bisa terbentuk,” katanya.

Kehadiran Bank Sultra ini, setidaknya bisa membantu masyarakat setempat dalam melakukan transaksi perbankan dengan mudah tanpa harus perlu lagi ke Batauga atau Kota Baubau yang jaraknya agak jauh dan membutuhkan biaya transportasi lebih.

Ia berharap pada tahun 2020 Kantor Kas Cabang Batauga naik status dari sebelumnya yang hanya kantor cabang pembantu menjadi kantor cabang. Jika seperti itu maka akselerasi kegiatan ekonomi masyarakat akan semakin membaik dan cepat.

“Dalam perencanaan di tahun depan kami akan membangun kantor dilahan ukuran 20 x 75 meter sehingga bisa menyamai kantor cabang yang ada di Ereke dan juga Asera,” katanya.

Ditambahkannya, seluruh karyawan yang bekerja di kantor kas yang ditenmpatkan di Siompu Barat adalah asli putra putri daerah. Sebab mereka paling tahu karakteristik masyarakat Busel khususnya Siompu dan Siompu Barat.

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest