Peliput : Asmaddin

PASARWAJO,BP- Kapal KM Milnis Star dilaporkan tenggelam di sekitar perairan Malaoge Kabupaten Buton, Minggu sekitar pukul 12.30 Wita. Kapal itu hendak menuju Wanci untuk mengangkut kayu.

Terdapat dua orang crew kapal yakni Haya (40) dan Sanudi (56). Keduanya berhasil selamat dalam peristiwa naas itu, namun kapal dan seluruh muatannya tenggelam.

“Kedua orang korban itu nyawanya berhasil diselamatkan oleh nelayan bajo Lasalimu,” kata Kepala Basarnas Kendari Djunaidi melalui selulernya belum lama ini.

Dijelaskan, pihaknya menindaklanjuti laporan tenggelamnya kapal berdasarkan informasi dari personel Polair Wanci, Ridwan.

“Berdasarkan laporan itu langsung ditindaklanjuti oleh Basarnas Wakatobi. Tim dibentuk secepatnya lalu menuju tempat kejadian,” ungkapnya.

Rigid Inflatable Boat (RIB) perahu berbahan dasar karet dengan lunas fiber glass ini akhirnya diturunkan untuk menyelamatkan korban. Dengan koordinasi yang baik, Basarnas Wakatobi berhasil menemukan dan menyelamatkan dua orang korban kapal yang telah terlebih dahulu diamankan bersama nelayan.

“Tim rescue pos SAR Wakatobi berhasil menemukan dua korban kapal tenggelam bersama kapal nelayan bajo Lasalimu yang telah berhasil menyelamatkan korban,” tambahnya.

Gerak cepat dilakukan, Tim berhasil memindahkan korban dan membawanya ke Pelabuhan Wanci.

Unsur yang terlibat dalam upaya penyelamatan adalah polsek wanci, syahbandar wanci dan masyarakat nelayan. (*)

Pin It on Pinterest