Peliput: Darson

BURANGA, BP – Karang Taruna Kabupaten Buton Utara (Butur) mendapat kepercayaan untuk mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengikuti kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Nasional (BBKTN) 2016 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang bakal dilaksanakan pada 9 sampai 11 Desember 2016 mendatang di Kabupaten Banyuasin dan Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).
Hal ini merupakan prestasi tersendiri bagi organisasi tersebut. Sebab, bisa dibilang baru seumur jagung, terhitung Karang Taruna Butur dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan pada Juli 2016 yang lalu atau baru berumur 6 bulan.
Ketua Karang Taruna Butur Muliadin Salenda mengatakan bangga dengan prestasi itu karena Karang Taruna Butur yang baru seumur jagung mampu bersaing dengan kabupaten lain di Sultra. Tentunya ini suatu kebanggan tersendiri buat karang taruna Butur, apalagi organisi ini baru ada di Butur enam bulan lalu, sudah mewakili Sultra di ajang BBKTN.
“Organisasi yang saya pimpin ini baru berumur enam bulan. Jadi ini merupakan kesempatan berharga karena akan banyak sekali hal positif yang akan didapat nantinya,” kata Muliadin, Jum’at (2/12) di Ereke.
Diungkapkannya, seperti yang tercantum dalam undangan panitia, kegiatan BBKTN tersebut akan banyak melakukan hal-hal yang bermanfaat dan bakti sosial, misalnya deklarasi gotong royong, aksi kali/sungai bersih, aksi bersih sekolah, aksi bersih musholla juga pembagian sembako, donor darah, bedah rumah, penghijauan, pemberian kaki palsu yang diharapkan nantinya akan lebih baik, gotong royong di sekolah serta panggung seni dan budaya.
Selain itu, tambah politisi Demokrat ini ada juga Seminar Nasional mengenai Deklarasi Gerakan Nasional Anti Narkoba (GERNAS KARTIKA) dan Deklarasi Gerakan Nasional Anti Teroris (GERNAS ANTI TERORIS).
Dalam kegiatan itu pula, ujar wakil ketua komisi I DPRD Butur ini dirangkaian dengan malam penganugerahan pembina Karang Taruna Kabupaten terbaik se Indonesia. Penganugerahan tersebut akan diberikan langsung oleh Menteri Sosial Kofifah Inda Parawansa. Untuk Sultra tokoh yang mendapatkan penganugerahan ini yakni Bupati Butur Abu Hasan. (*)