Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Pasukan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang telah dibentuk beberapa waktu lalu oleh Pemerintah Kota Baubau dalam hal ini Satpol PP, sedianya untuk pengamanan saat Pilwali mendatang. Namun Kasatpol PP, Drs Samsul Bahri MSi berharap, pasukan Linmas ini dapat diberdayakan untuk menjaga keamanan lingkungan.
“Kami harapkan lurah dan camat memanfaatkan pasukan linmas ini untuk mengisi pos-pos kamling. Pasukan Linmas ini sudah pernah mengikuti latihan PBB, dan dibekali dengan pengetahuan dalam hal keamanan, tinggal bagaimana memberdayakan mereka,” katanya saat ditemui diruangannya, Sabtu (03/12).
Seperti pada pengamanan diperbatasan Kelurahan Bone-bone dan Kelurahan Tarafu, pihaknya sudah mengkoordinasikaanya dengan Camat Batupoaro untuk mengisi pos kamling diperbatasan, baik oleh masyarakat, maupun pasukan Linmas.
“Di Kecamatan Batupoaro agar secepatnya dibentuk tim pengamanan untuk mengisi pos itu. Karena memerlukan biaya, maka harus dikomunikasikan dengan masyarakat sekitar. Ada dua opsi yang kami tawarkan, pertama langsung masyarakat ikut ronda, atau ada orang tertentu yang ditunjuk tapi diberikan insentif dari swadaya masyarakat,” jelasnya.
Samsul menyayangkan saat ini banyak pemuda yang sudah enggan untuk terlibat dalam kegiatan pengamanan. Sehingga perlu pendekatan tertentu untuk dapat meyakinkan mereka, bahwa menjaga keamanan merupakan tugas yang mulia.
“Pemuda di Kota Baubau ini sudah jarang yang mau terlibat dalam kegiatan Linmas. Sehingga kami lakukan pendekatan, masalah keamanan menjadi tanggung jawab bersama, kegiatan pengamanan itu mengandung nilai ibadah, karena memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” tutupnya. (**)

.