Peliput: Zaman Adha — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Baubau beberapa hari belakangan terus bertambah. Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau terus menekankan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH dan Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari Foto Zaman Adha–BaubauPost

Menurut orang nomor satu di Kota Baubau Dr HAS Tamrin MH, kerja keras Gugus Covid-19 tidak akan berarti jika tidak ada dukungan dari masyarakat dalam memerangi Covid-19. Dukungan ini dapat diwujudkan dengan menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti imbauan pemerintah.

“Betapa pun pemerintah menggebu-gebu melakukan itu, harus timbal balik juga dari masyarakat. Misalnya dari seribu orang, ada 10 orang ada yang tidak ikut, maka merambat juga jadinya,” ujarnya.

Jika terjadi sesuatu kata dia, maka pemerintah yang akan disalahkan. Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau telah bekerja keras dalam memerangi penyakit ini.

“Teman-teman di gugus sudah bekerja, saya saksikan betul. Sering kali saya telepon Sekda, masih di posko begitu juga Kapolres, jadi semua bergerak,” tandasnya.

Pemkot Baubau telah mengikuti semua instruksi yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat terkait penanganan Covid-19. Hanya saja di Kota Baubau belum diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Meski begitu, AS Tamrin terus menekankan kepada seluruh masyarakat Kota Baubau mengenai pentingnya kesadaran melaksanakan protokol kesehatan. Apalagi Kota Baubau merupakan pusat pergerakan manusia di wilayah Buton.

“Kita menyadari Baubau adalah episentrum, baik perdagangan maupun pendidikan pusatnya di Baubau. Sementara kendala penyebaran covid ini adalah interaksi manusia, ini yang harus kita waspadai,” jelasnya.

AS Tamrin mengajak seluruh masyarakat Kota Baubau agar bersama-sama memerangi Covid-19. Dirinya yakin, dengan kesadaran yang tinggi, wabah akan segera berlalu.

“Pada akhirnya covid-19 ini akan pergi, tetapi menunggu kesadaran kita. Kalau tidak maka bertambah terus,” pungkasnya. (**)

Pin It on Pinterest