Laporan : Hasrin Ilmi
KENDARI, BP-Pameran UMKM dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di pelataran eks MTQ Kendari terus mendapatkan perhatian dari pengunjung. Termasuk stan pameran Pemerintah Kota Baubau dengan menampilkan produk lokal, diantaranya katapay sula’a yang laris manis di beli pengunjung.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, SH dan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari disambut saat berkunjung di Stand pameran Kota Baubau

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau, Nursanti Monianse mengatakan Pemkot Baubau bersama Dekranasda Baubau ikut ambil bagian menampilkan berbagai produk UMKM pada pameran HPN.

Produk yang ditampilkan antara lain kuliner tradisional, tenunan, aksesoris kerajinan tangan, kerang mutiara, dan kain tenun.

“Sejauh ini yang paling banyak diminati pengunjung adalah Katapayi Sula’a. Beberapa orang, tamu-tamu yang berasal dari luar Sultra cukup banyak membeli ikan Katapayi,” ucap Nursanti Monianse, di stand pameran Pemkot Baubau, Minggu malam 6 Februari 2022.

Dikatakan, katapayi adalah produk UMKM Baubau yang berbahan dasar ikan tuna. Ikan tuna segar diasapi kemudian diolah menjadi berbagai varian rasa.

“Bukan cuma original, katapayi sudah dikembangkan dengan beberapa varian rasa yang sudah diberi bumbu,” katanya.

Kata Nursanti, selain katapayi, sejumlah produk ekonomi kreatif Baubau juga cukup diminati pengunjung seperti kerang mutiara dan kain tenun.

Diharapkan produk-produk UMKM dan destinasi wisata yang ditampilkan, Kota Baubau bisa lebih dikenal lagi baik di tanah air maupun manca negara.

“Karena pameran HPN ini jadi ajang promosi dan sosialisasi hasil-hasil UMKM dan destinasi wisata kita di Baubau,” katanya.

baca juga: Plt. Walikota Baubau LAM Hadiri Ritual Adat Bongkaana Lipu

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH bersama Ketua PWI Pusat, Atal S Depari berkesempatan mengunjungi stand pameran Kota Baubau. Kehadiran keduanya beserta rombongan disambut pemerintah Kota Baubau yang di pimpin Kepala Dinas Perindag Kota Baubau, La Ode Ali Hasan. (*)