Laporan: Amat Jr

BAUBAU, BP- Walikota Baubau La ode Ahmad Monianse mengungkapkan pasca pameran pembangunan dan napak tilas Oputa Yi Koo 2002, pihaknya akan segera menggelar repat koordinasi dengan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Baubau.

Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse

Dalam rapat itu, Monianse mengungkapkan juga kan dihadiri oleh delapan kepala OPD hasil lelang yang sudah tiga bulan lalu beluk dilantik. Demikian dikatakan La Ode Ahmad Monianse ketika memberika sambutannya dalam acara launching Posko Betombari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Baubau, di Rusun ASN Palagimata, Jumat (27/05).

Itu artinya, pekan ini akan ada pelantikan delapan kepala OPD baru yang selama ini ditunggu-tunggu oleh peserta lelang juga masyarakat Kota Baubau. Meski belum memberikan bocoran kepada media kapan akan melakukan pelantikan, Namun Monianse sudah menegaskan dalam waktu dekat akan segera melakukan rapat koordinas dengan para OPDnya.

“BKN sudah memberikan hasil lelang kepal OPD kepada saya sejak 3 bulan lalu. Sebenarnya sudah bisa saya melakukan pelantikan sejak itu, bisa saya lantik. Namun saya pikir lebih baik kita sabar dulu untuk melantik delapan orang itu. Karena menunggu SK untuk pelantikan walikota definitif itu sama lamanya dengan mengurus rekomendasi ASN. Jadi sudah dilantik dulu baru saya lakukan sekaligus reposisi, ” tuturnya.

Selain melakukan pelantikan kepada delapan orang ASN hasil lelang, Monianse juga menyinggung soal reposisi ASN. hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan semangat dan enegi baru untuk memaksimalkan kinerja pemerintah Kota Baubau.

“Waktu kita bekerja untuk periode ini kan tinggal 1 tahun 4 bulan, yaitu berakhir September 2023. Waktu yang tidak lama lagi sementara masih banyak yang belum tuntas sehingga dibutuhkan energi baru. Sehingga reposisi dan pelantikan delapan OPD itu akan bisa mencapat target yang kita inginkan,” tututnya.

baca juga: Kontrak Baru Maksimalkan Pelayanan PDAM Baubau, Walikota Monianse Awasi Langsung Kinerja Dirut Jimmy Hersandi

Dia pun berharap kepada delapan orang kepala OPD yang nantinya akan segera dilantik dan ASN yang mengalami reposisi bisa memaksimalkan perannya. “Karena sebenarnya banyak pos-pos anggaran di pusar yang bisa kita cari untuk menambah fasilitas kita. Misalnya bila mau menambah armada pemadam kebakaran dan penyelamatan, itu bisa kita maksimalkan. Makanya segera akan saya lantik sehingga kita bisa diskusi dan shering memaksimalkan kinerja,” tambahnya. (**)