Peliput: Darson

BURANGA, BP – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menetapkan Kelurahan Bonelipu, Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur) sebagai kampung Keluarga Berencana (KB), Selasa (13/12).
Pengukuhan kelurahan yang dipimpin oleh lurah La Jawa’ra tersebut sebagai percontohan dua anak cukup diresmikan langsung oleh Bupati Buton Utara, Abu Hasan. Turut dihadiri Kepala Inspektur Utama BKKBN, Agus Sukiswo dan Sekretaris Daerah Sultra, Lukman Abunawas.
Dikesempatan itu, Abu Hasan memberikan sambutan mengatakan, pengukuhan Bone Lipu sebagai kampung KB patut didukung penuh. Bonelipu akan menjadi percontohan program dua anak cukup bagi desa maupun kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Butur kelak. “Program keluarga berencana saya artikan dalam aspek luas. Tak hanya, dua anak cukup tetapi keluarga sejahterah mencakup berbagai dimensi, misalnya pendidikan, ekonomi dan sosial,”katanya.
Sebagai bentuk dukungan penuh program kampung KB di Kabupaten Buton Utara, pihaknya akan menggolontorkan anggaran untuk program tersebut dalam APBD 2017 mendatang.
Selain itu, akan adanya dana sharing dari APBN, Pemprov dan Kabupaten, dirinya yakin program kampung KB akan berjalan dengan lancar dan mencapai target yang ditetapkan.
Sementara Itu Inspektur Utama BKKBN, Agus Sukiswo mengungkapkan penetapan Bonelipu sebagai kampung KB telah memenuhi krikteria yang ada, yakni daerah setempat angka ibu rumah tangga yang belum menggunakan cukup banyak sehingga jumlah penduduknya terbilang padat. “Pembentukan kampung KB merupakan wujud Nawacita yang dicanangkan Presiden Jokowi Widodo,” ungkap Agus Sukiswo.
Menurut Agus, program pembentukan kampung KB akan berdampak terhadap meningkatkan kualitas hidup yang sejahterah bagi masyarakat setempat dengan dua anak cukup. Membludaknya angka penduduk harus ditekan salah satunya melalui program pencanangan kampung KB yang nantinya bakal dijadikan contoh.
Pengukuhan Bonelipu sebagai kampung KB, jelas dia merupakan yang terakhir untuk tahun 2016 ini. Tercatat, sebanyak ratusan kampung KB telah dibentuk tersebar diseluruh pelosok Tanah Air.(***)