Kepala Kemenang Baubau Rahman Ngkaali

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyiapkan pemberangkatan bagi jamaah umroh. Menunggu jadwal keberangkatan dari pihak travel.

Kepala Kemenang Baubau Rahman Ngkaali
Kepala Kemenang Baubau Rahman Ngkaali

Jamaah yang akan berangkat diprioritaskan peserta lama yang tertunda keberangkatannya akibat pandemi covid 19 yang melanda dunia.

Kepala Kemenag Baubau, Rahman Ngkaali menyebut, terdapat 53 calon jamaah yang telah dikeluarkan rekomendasinya.

“Mereka sudah siap berangkat, tinggal menunggu jadwal,” katanya.

Lanjut Rahman, terdapat kriteria tertentu untuk para calon jamaah umroh yang akan berangkat ke tanah suci. Semuanya diatur dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 719/2020.

“Para calon jemaah harus memenuhi empat kriteria, pertama usia sesuai ketentuan Arab Saudi usia harus diatas 18 – 50 tahun, tidak memiliki penyakit bawaan, Surat pernyataan tidak menuntut pihak lain atas resiko yang timbul akibat terserang covid 19, serta bebas covid ketika berangkat dengan pembuktian hasil swab dari laboratorium maupun rumah sakit,” paparnya.

Sementara untuk besaran biayanya, sesuai ketentuan Kementerian Agama minimal Rp 20 juta. Namun jika tawaran di bawah nominal tersebut patut dicurigai sebagai travel bodong.

Tidak menutup kemungkinan akan ada biaya tambahan, misalnya untuk surat-surat kesehatan.

BACA JUGA: Kepala Kemenag Baubau Lantik Empat Kepala Madrasah

Selama proses umroh berjalan seluruh jemaah wajib mengikui potokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi maupun Kemenkes RI.

“Selama pandemi Kuota haji dan umroh akan tetap diatur Arab Saudi, ketentunnya 20 persen dari jumlah penumpang pesawat normal,” tandasnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

One thought on “Kemenag Baubau Tunggu Jadwal Pelaksanaan Umroh”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest