Peliput:Iman Supa
Raha,BP – Kepala Kementerian Agama Kabupaten Muna memastikan dalam perekrutan penyuluh agama yang akan ditempatkan disetiap Kamtor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se Kabupaten Muna murni tidak ada permainan.
“Perekrutan Penyuluh Agama tanpa ada permainan, kelulusan ditentukan berdasarkan nilai yang diperoleh setiap peserta. Selain itu, nilai setiap peserta akan direngking” Jelas Ir La Maidu MPd, melalui Kasi Binmas Islam La Ode Abdul Syukur, saat ditemui diruangan kerjanya, Kamis (10/11).
Jumlah pendaftar dalam penyuluh agama keseluruhan berjumlah 343 orang, yang terdiri dari laki-laki 141 orang sementara perempuan 202 orang. Pelaksanaan tes dijadwalkan pada tanggal 20 November 2016 bertempat di MAN 1 Muna dan MTsN 1 Muna, dengan jumlah 41 orang tim pewawancara, serta 13 orang dipimpin langsung kemendag Muna.
“Kuota penerimaan yang akan memenuhi setiap kecamatan berjumlah 128 orang dengan rincian 8 orang yang akan di tempatkan di 16 KUA Kecamatan se Kabupaten Muna,” terangnya.
Lanjut Syukur, ujian tertulis yang dilaksankan 20 November, melibatkan tim pengawas independen Kakanwil Sultra. Adapun tes wawancara diagendakan 21 sampai 22 november 2016.
“Hasil tes dihitung berdasarkan nilai tertinggi pada masing-masing KUA Kecamatan. Sistem rengking 1 sampai 8 dipastikan akan lulus, sementara rengking 9 dan seterusnya sebagai pengganti Penganti Antar Waktu (PAW). Apabila tahun berjalan ada yang menggundurkan diri, berhalangan tetap dan sebab lain, dengan berpatokan pada juknis pengangkatan penyuluh agama islam non PNS,” lanjutnya
Pengumuman kelulusan calon penyuluh agama non PNS akan dilakukan secara terbuka pada awal desember. (*)