Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Irjen Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI, Dr Cris Kuntadi mengatakan Baubau bisa saja menjadi Bandara Internasional jika mampu memiliki dua aspek penting yang harus dipenuhi semua beberapa bandara pada umumnya yaitu Pasar dan penyedia jasa.

“Jika dua aspek itu terpenuhi makah tidak dibendung lagi Bandara Betoambari akan menjadi bandara internasional,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Cris Kuntadi mengatakan untuk menjadi bandara internasional semua harus melihat semua aspek seperti seberapa besar pasar yang menjanjikan dan seberapa besar pemerintah sendiri melihat peluang tersebut, serta melihat seberapa banyak Airlines yang berani untuk menghendel penerbangan bandara tersebut.

“Bandara internasional itu dari pasar dulu, ada tidak yang berani dan bisa tidak pemerintahnya melihat peluang itu, termasuk airlibes yang menghendel atau menerbangkan itu,” tuturnya.

Dengan tercapainya dua aspek tersebut Cris Kuntadi mengatakan pemerintah pusat akan sepenuhnya mendukung program perencanaan bandara internasional di Kota Baubau.

“Kami dari pusat akan selalu mendukung sepenuhnya jika ada dua hal yang mendukung tadi terpenuhi,” tutupnya.(#)