• Plt Walikota Baubau Ahmad Monianse: Keberagaman Itu Sebuah Kekuatan, Jangan Cari Perbedaan Tapi Cari Persamaan

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Baubau memfasilitasi dialog kerukunan umat beragama di Kecamatan Bungi yang mengusung tema ‘Agama Sebagai Inspirasi Membangun Moderasi Beragama Mengukuhkan Harmoni Kebangsaan,’

Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse membuka kegiatan dialog Antar Umat Beragama yang digagas oleh Kesbangpol bersaka FKUB Baubau

Kegiatan itu dibuka Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse. Dalam sambutannya La Ode Ahmad Monianse mengatakan dialog kerukunan umar beragama didasarkan pada SK Walikota Baubau nomor 765/VIII/2021 tentang penetapan Kecamatan Bungi dan Kecamatan Lea-lea sebagai kawasan sadar kerukunan umat beragama.

“Di Kecamatan Bungi dan Lea-lea merupakan wilayah dengan keberagaman agama dan suku. Disini memang terdapat agama islam, kristen, hindu adan budha. Demikian pula terdapat banyak suku seperti suku Toraja, Bugis, dan Bali. Semuanya merupakan warga Baubau saat ini,” ucapnya, Kamis (31/03/2022), di Kelurahan Ngkaring-ngkaring.

Menurut La Ode Ahmad Monianse keberagaman itu merupakan sebuah kekuatan. Dialog yang dilaksankan ini, lanjutnya, merupakan salah satu cara kita untuk bertemu guna mencari persamaan, bukan mencari perbedaan.

“Jadi jangan cari perbedaan. Yang dicari adalah persamaan sehingga kita semua bisa hidup rukun dan harmonis. Untuk itulah Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) harus menjadi pelopor dan menjembatani dialog antar umat beragama di Kota Baubau,” tuturnya.

Selain itu, Menurut La Ode Ahmad Monianse, dialog antar umat dilakukan untuk preventif (pencegahan-red) lebih awal sehingga tidak menimbulkan kekacaun dalam membina kerukunan antar umat beragama.

Diakhir sambutannya, Plt Walikota Baubau itu berharap kegiatan dialog seperti ini bisa berlanjut dilokasi lain, “Sehingga persaudaraan antara kita bisa terus terjalin, Salam Kerukunan!,” katanya mengakhiri sambutannya.

Panitia penyelenggaran dialog antar umat beragama Hj Sitti Maolaes.Sos dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan dialog di Kecamatan Bungi yaitu untuk memelihara kerukunan umat beragama dan memperkuat toleransi dalam rangka menciptakan masyarakat yang harmonis, saling menghargai, dan saling menghormati demi persatuan dan kesatuan bangsa.

baca juga: Meski Hujan Deras, Kadis Hadir Serahkan Anugerah Siswa Teladan SMAN 3 Baubau

Dalam dialog ini pula Kepala Kementrian Agama Kota Baubau Rahman Ngakaali tampil sebagai pemateri yang dimotori oleh Ketua FKUB Kota Baubau Rusdin T dan bertindak sebagai moderator La Ija. Sedangkan pesertanya berasal dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Camat Bungi dan lurah se Kecamatan Bungi. Kegiatan ini sesuai jadwal juga akan berlanjut di Kecamatan Lea-lea. (***)