• Nilainya Lebih Tinggi Dari DOB Lain di Sultra Capai 95.15 Persen

Peliput: Hengki TA — Editor Ardi Toris

LABUNGKARI, BP – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilah Sulawesi Tenggara (Sultra) atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019.

Penghargaan diberikan langsung Perwakilan dari BPK Priovinsi Sultra di Kantor BPK Sultra, Senin (22/06). Selain Buteng, empat Kabupaten lainnya juga mendapatkan opini WTP, yaitu Muna Barat (Mubar), Kolaka, Buton dan Bombana.

Bupati Buteng Samahuddin memberikan sambutan pasca menerima piagam TWP dari BPK Prwakilan Sultra Foto Hengky TA–BaubauPost

Buteng kembali meraih predikat WTP untuk ke tiga kalinya secara berturut-turut, hal tersebut menjadi prestasi gemilang mengulangi prestasi dua tahun berturut-turut sebelumnya, dengan perolehan nilai tertinggi 95,15% melampaui daerah DOB bahkan Daerah lain yang ada di Sultra.

“Prestasi meraih opini WTP tiga tahun berturut-turut ini, merupakan keberhasilan bersama seluruh komponen dan pemerintahan di Kabupaten Buteng,” ungkap, Samahuddin Bupati Buteng.

Lanjutnya, Buteng dapat mempertahankan kembali WTP, berkat kerjasama antara BPKAD, Inspektorat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik dalam pengelolaan keuangan maupun pengawasannya.

Selain itu, hal tersebut tidak lain berdasarkan hasil pemeriksaan tahun sebelumnya, berkat arahan dan bimbingan BPK, sehingga Buteng bisa meraih WTP. Dimana, terkait pengelolaan dan pengawasan anggaran, ia terapkan di semua OPD yang ada di Buteng

“Masi ada catatan yang ditinggalkan BPK, jadi kita akan tindak lanjuti agar tidak ada penyalagunaan anggaran, dan harapannya tahun depan Buteng bisa pertahankan lagi predikat itu,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest