Peliput: Alyakin

PASARWAJO, BP – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pasarwajo Sutisnawati SH MH Digantikan Muklahs Suddin SH MH dimana sebelumnya menjabat sebagai Wakil PN sedangkan mantan Ketua PN Pindah menjadi hakim pada PN Kelas I A Banjarmasin.

Pada jumat malam (03/02/2017), Pemerintah Daerah Kabupaten Buton menggelar Acara Ramah Tamah pengantar tugas ketua pengadilan Negeri Pasarwajo, acara tersebut turut hadir para SKPD, Ketua DPRD Buton, La Ode Rafiun Spd dan Wakapolres Totok Hamdoyono, Kejari Buton, Ardiansyah SH MH.

Pada kesempatan tersebut, mantan PN Pasarwajo, Sutisnawati SH MH mengatakan pihaknya meminta maaf jika selama bertugas ada hal-hal yang tidak disukai dan terimakasi pula atas kerjasamanya selama ini. Sudah hampir tiga tahun bekerja di PN Pasarwajo, ia meminta doa agar ditempat yang baru nanti selalu diberi kelancaran.

“Selama bertugas di Pasarwajo banyak hal yang didapatkan di tanah Buton yang memiliki daya tarik dan saya bangga jadi orang buton karena Dari dalam tubuh sudah mengalir hasil-hasil dari tanah Buton,saya orang Buton,” jelasnya

Lanjutnya, Selama bertugas jarang berinteraksi dengan pihak pemuda dan lainnya dikarenakan sebagai pihak penegak keadilan harus pandai-pandai menjaga diri agar tetap menjaga netralitas di masyarakat. Selain itu, pihaknya ia meminta bantuan pada Pemdah Buton, agar kantor sudah tidak berpenghuni lagi agar bisa ditempati atau di pinjamkan oleh para Hakim PN.

“Untuk rumah dinas terealisasinya butuh waktu yang lama, kalau bisa Pemda meminjam kantor yang kosong untuk ditinggali oleh Hakim PN,” tuturnya

Ditempat yang sama, Ketua PN Pasarwajo yang baru menjabat, Muklas Suddin SH MH dalam sambutannya, ia berharap dengan jabatan yang baru nanti mudah-mudahan apa yang diberikan pada ketua lama dapat diberinan juga padanya utamanya kerjasama yang baik.

“Kami orang lama di Buton sejak 14 agustus 2015 benjadi wakil ketua PN, Buton tidak asing lagi dan semenjak dilantik menjadi ketua PN pasarwajo dapat bekerjasama dengan semua pihak,” katanya

Untuk menjaga betralitas terkadang tidak semua undangan dapat diikuti mengingat posisi pengadilan dan, bisa jadi sorotan padahal pengadilan harus berada di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, ia juga memintah agar harapan ketua yang lama untuk meminta kantor yang tidak digunakan untuk dijadikan rumah penginapan sementara buat Hakim PN sehingga pihaknya menyampaikan jiga diberikan maka di percepat atau dalam waktu dekat ini. “MA sudah menganggarkan Rumah dinas tapi belum tahu kapan akan turun,” jelasnya.

Selain itu, Plt Bupati Buton Effendi Kalimuddin SH MH mengucapkan selamat bertugas ditempat yang baru kepada Muklas Suddin SH MH, semoga kedepan karirnya semakin meningkat hingga menjadi hakim agung.

“Kalau ada pertemuan pasti ada perpusahan itu sebuah proses mekanisme yang dialami dalam birokrasi, proses birokrasi itu akan menuntut kita meningkat dan meningkat,” ujarnya.

Dipesankannya kepada Ketua PN yang lama agar mempersiapkan diri jika biasanya di PN Pasarwajo hanya menangani 15 perkara dalam sebulan kalau dibanjarmasin intensitas penanganan perkara sangat tinggi, sebulan hingga 40-50 perkara itu pidana belum lagi perdata.

“Tiga tahun bukan waktu yang singkat, kita berharap berkah orang pernah tinggal di Buton termuliakan, ternyata buton itu bukan sembarang, butuni buton tanah barakati, org yabg pernah tinggal di Buton termuliakan insyaallah,”tuturnya.

Kepada Ketua PN yang bari dia mengajak agar bersama-sama mmebangun Buton semakin baik, sesuai fungsinya pengadilan adalah penasehat manakala kita menghadapi persoalan yg cukup pelit. “Memang pengadilan harus netral jika tidak maka bukan keadilann yang akan didapat makanya padahal setiap kasus diharapkan mendapatkan keadilan,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest