• Kertua DPW KKL Sultra La Rusu ,Ketua DPD KKL Baubau Zudin, Ketua DPD Busel La Linja

Laporan: Ardi Toris

BUTON, BP- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Kerukunan Keluarga Laporo (KKL) Dr H Bere Ali M.Si melantik tiga kepengurusan ditingka daerah yaitu pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Kerukunan Keluarga Laporo (KKL) Provinsi Sulawesi Tenggara, Dewan Pimpinan Daerah 9DPD) Kerukunan Keluarga Laporo (KKL) Kabupaten Buton Selatan, dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kerukunan Keluarg Laporo (KKL) Kota Baubau di gedung Wakak Pasarwajo, Minggu (31/07/2022).

Untuk DPW KKL Sultra Ketua terpilih yaitu La Rusu S.IP dan sekertarisnya La Jarni SP. Untuk DPD KKL Kota Baubau ketua terpilih yaitu Zudin SIP dan sekertarisnya Suparman Atta S.Sos MPd. Sementara DPD KKL Buton Selatan ketua terpilih yaitu La Linja dan Sekertarisnya Muahmud Ida. kepengurusan untuk ketiga daerah ini untuk masa bhakti 2022 hingga 2027.

Acara pelantikan ini, sesuai dengan laporan Ketua Panitia undangan yang hadir sekitar 1200 orang terdiri dari Forkopimda di Kabupaten Buton, Kota Baubau, dan Busel. Juga ada tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, karantaruna, tokoh perempuan, dan unsur organisasi kemasyarakatan dan kemahasiswaan.

Acara ini dihadiri langsung Bupati Buton La Bakry dan Koordinator paguyuban Nusantara Dr Ruksamin yang juga merupakan Bupati Konawe. Tari Mangaru menyambut kedatangan keduanya bersama dengan Ketua DPP KKL Dr H Bere Ali.

Sebelum dilakukan pelantikan, Sekertaris DPP KKL Drs La Hamu M.BA terlebih dahulu membacakan surat keputusan kepengurusan masing-masing di tiga wilayah yang dilantik. Upacara berlangsung hikmad dan disaksikan ribuan pasang mata yang hadir.

Usai membacakan susunan kepengurusan, La Hamu mengatakan segenap pengurus harus bekerja sesuai dengan skala prioritas dan menyesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing dimana KKL berada.

Ketua DPW KKL Provinsi Sultra La Rusu usai dilantik dan menrima pataka bendera KKL yang siap dikibarkan di seluruh jazirah Sultra mengatakan setelah ini dia akan segera mengagendakan untuk pelantikan kepengurusan di Wilayah Kabupaten Buton, Buton Utara, Wakatobi, Buton tengah, dan Kota Kendari.

“Saya bersyukur pelantikan pada hari ini berjalan lancar. Terimakasih kepada panitia yang sudah bekerja keras sehingga acara pelantikan ini bisa terlaksana dengan baik. Saya kira hari ini kita bisa bersenang dan mengibarkan bendera KKL. Karena kedepan tantangan kita kedepan lebih besar,” tuturnya.

Dia pun menyadari bahwa dalam KKL ada banyak warna. meski demikian dia meminta agar KKL harus bisa ikut mensukseskan hajatan politik yaitu Pemilu 2024, Pilcaleg, dan Pilkada serentak.

“Dalam hajatan itu kita akan ajukan kader kader kita yang terbaik untuk ikut bertarung utamanya dalam kontes pilkda serentak yaitu Pilbup, Pilwali, dan Pilgub Sultra di tahun 2024. Khusus untuk Pilcaleg di Provinsi kita harus punya target ada dari KKL yang duduk di PRD minimal dua kursi, sehingga aspirasi KKL untuk masyarakat Laporo bisa diperjuangkan,” katanya menyemangati yang hadir.

Sementara itu, Bupati Buton La Bakry melakukan pemukulan gong sebagai tanda pelantikan KKL di tiga wilayah itu resmi dibuka. La Bakry dalam sambutannya berharap agar KKL bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan cita-cita masyarakat yang sejahtera.

Demikian pula dengan Koordinator paguyuban Nusantara Ruksamin mengatakan dia akan menjadi yang terdepan menghidupkan segala kegiatan paguyuban yang ada di Sultra ini termasuk paguyuban KKL yang baru saja dilantik.

baca juga: KSOP Kelas II Baubau Tegaskan Penumpang Kapal Pelni Wajib Vaksin 1 dan 2, Boster Masih Berproses

“Karena itu usai acara ini Pak Ketua DPW KKL Sultra Pak La Rusu akan saya ajak masuk dalam Paguyuban Nusantara sehingga nantinya bisa terlibat langsung dengan agenda-agenda Paguyuban Nusantara yang ada di Sultra,” tuturnya. (*)