Peliput: Darson

BURANGA,BP -Sebanyak 8 tim pelajar SMA/SMK se Buton Utara (Butur) ikut berkompetisi memperebutkan piala bergilir turnamen sepak bola Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) CUP V tahun 2018. Turnamen itu dilaksanakan di stadion sepak bola Bahteramas Bukit Lamoliandu Kecamatan Kulisusu.

Pertandingan sebak bola ini bakal digelar dari tanggal 9 hingga 20 Desember 2017. Selain memperebutkan piala bergilir, panitia juga telah menyediahkan uang pembinaan puluhan juta rupiah bagi juara.

Turnamen sepak bola tersebut dibuka langsung Bupati Butur Abu Hasan, Sabtu (9/10) ditandai dengan penyerahan bola kepada wasit yang memimpin pertandingan perdana.

Pada acara itu, hadir wakil ketua DPRD Butur Abdul Salam Sahadia, ketua KNPI Butur Rahman dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah daerah Butur.

Pada kesempatan itu, Abu Hasan memberikan apresiasi atas inisiatif yang digalakan KNPI Butur. Sebab, organisasi kepemudaan ini telah terbukti dan aktif dalam melestarikan budaya maupun mengembangkan kegiatan keolahragaan.

“KNPI CUP V ini merupakan momentum yang sangat strategis dalam rangka untuk melahirkan pemain-pemain yang sangat berkualitas. Saya kira ini, kita terus dukung,” katanya.

Sementara itu ketua KNPI Butur, Rahman menguraikan, turnamen sepak bola KNPI CUP merupakan kegiatan agenda tahunan. Program kerja itu sebagai komitmen untuk memajukan dunia sepak bola di Butur.

“Karena sepak bola ini sangat penting. Kita harapkan potensi pelajar bisa tersalurkan melalui turnamen ini. Bisa menjunjung tinggi sportivitas. Ini juga akan mendorong pelajar berprestasi,” ujarnya.

Rahman yang juga anggota DPRD Butur itu mengucapkan, rasa terima kasih kepada pemerintah daerah yang selama ini selalu mendukung kegiatan atau progran kerja KNPI. Dukungan itu, melalui penyediaan anggaran.

Ditempat yang sama, Abdul Salam Sahadia selaku ketua PSSI Butur menerangkan, apa yang telah dilakukan KNPI Butur dengan menggelar kejuaraan sepak bola tentu akan semakin menumbuhkan kesadaran dan partipasi masyarakat dan generasi muda dalam dunia sepakbola.

Turnamen ini, sambung legislator Partai Demokrat ini dikhususkan untuk menanamkan jiwa sportivitas pelajar.

“Jiwa sportivitas ini harus kita terus tumbuhkan dalam dunia olahraga sepak bola maupun di luar olahraga,” tuturnya.

Menurutnya, KPNI telah membantu PSSI Butur dalam mencari bibit-bibit atau pemain-pemain yang potensial untuk berlaga di pekan olahraga provinsi yang bakal digelar di Kolaka Utara nantinya.

“Kami harapkan juga kepada teman-teman KNPI kegiatan ini bisa memudahkan kita untuk melihat pemain yang bisa memperkuat team sepak bola Butur di ajang pekan olahraga provinsi nantinya. Karena kedepan, kita akan membentuk team sepak bola murni pemain lokal Butur tanpa ada pemain dari luar,” harap dia. (*)

Pin It on Pinterest