Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau Dr Muhammad Tasdik menegaskan bahwa sebagai salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Pororov) Sultra ke 14 tahun 2022 sudah siap mensukseskan pekan olahraga bergengsi di tingkat Sultra tersebut.

Progres Kolam renang di Lowu-lowu, Kota baubau baru capai 60 persen

Meski demikian Muhammad Tasdik mengharapkan masih ada venue yang harus mendapatkan perhatian dari Pemprov Sultra yaitu mengenai kolam renang dan arena buluh tangkis yang dibangun di Kelurahan Lowu-lowu, Kecamatan Lea-lea, Kota Baubau.

“Menurut pengamatan kita itu sangat meragukan kalau seandainya bisa diselesaikan dalam tempo yang sesuai dengan jadwal pelaksanaan Poroprov ke 14 yang dimulai Insya Allah tanggal 26 November 2022. Selain dua saran venue itu, untuk venue yang lain Insya Allah kita siapkan,” tuturnya, Jumat (11/11/2022), di temui di Kantornya.

Tasdik mengatakan, dengan melihat kondisi saat ini tidak mungkin pihaknya bisa melakukan persiapannya hingga 100 persen, sebab hingga hari ini masih ada beberapa kendala.

“Misalnya untuk balapan motor kemarin kan kita sudah berkali-kali diuji di depan taman segitiga. Kalau sekarang kita lakukan persiapan dan sudah diuji coba,” tuturnya.

Tasdik mengatakan ada beberapa lomba dan pertandingan memang sudah dilakukan persiapan itu tidak masalah, misalnya venue binaraga, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Lippo dan mereka sudah siap menerima kita bila tiba saatnya nanti,” tuturnya.

Sementara angkat besi dan angkat berat itu ada di Gedung Pancasila. Sementara untuk angkat cabang renang dan selam pihaknya masih bersurat ke KONI Provinsi Sultra untuk perampungannya.

“Insya Allah kita terus berkoordinasi dengan pihak Pemprov Sultra dan KONI karena untuk selam juga beberapa menggunakan kolam renang. Ya.. kalau sudah siap boleh dikatakan sudah siap 80-90 persen,” lanjutnya.

Mengenai lomba dayung, tasdik mengklaim sudah 80 persen siap, dan sementara ini pihaknya sudah menyiapkan lintasan dayung di Lakologou (kampung Bungi-red).

“Tetapi informasi sampai saat ini belum ada kejelasan apakah dayung ini akan ditarik ke Pasarwajo, Kabupaten Buton atau bagaimana. Yang pasti pada dasarnya kalau lomba dayung dilaksanakan di Baubau Insya Allah kita sudah siap 80-90 persen saat ini,” tuturnya.

Dari 39 Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan pada Porprov Sultra ke 14 tahun 2022, 18 setengah Cabor dilaksanakan di Kota Baubau. Muhammad Tasdik menjelaskan mengapa 18 setengah Cabor? karena cabang atletik ada yang dilaksanakan di Kota Baubau dan juga ada yang dilaksanakan di Kabupaten Buton.

baca juga: Kodim 1413 Buton akan Tingkatkan Ketahanan Pangan di Dua Kabupaten

“Jadi di Baubau dilaksanakan cabang atletik yang punya lintasan seperti lompat jauh, tolak peluru, dan lari jarak pendek. Selebihnya lombanya dilaksanakan di Kabupaten Buton,” ucapnya. (*)