-Meskipun Telah Dilengkapi Fasilitas Pencegahan Covid19

Peliput: Arianto W — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Di masa pandemi Covid19, pemenuhan fasilitas penunjang pencegahan virus kini menjadi prioritas. Tak hanya dilingkungan sosial, sejumlah lembaga pendidikan juga ikut andil dalam upaya memutuskan rantai penularan wabah global ini.

Benar saja, hampir semua sekolah tidak terkecuali lembaga pendidikan jenjang SMA/SMK Sederajat se-Kota Baubau kini telah menyiapkan sarana pencegahan tersebut. Salah satunya, wastafel atau tempat cuci tangan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio

Kendati demikian, meski lingkungan sekolah dinilai aman dari Covid19 namun pemerintah tetap saja tidak berani mengambil resiko melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka lansung di sekolah.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio saat ditemui Baubau Post belum lama ini mengatakan kondisi Kota Baubau saat ini cukup mengkhawatirkan.

Selain karena status wilayah Baubau masuk dalam kategori zona merah (redzone), angka kasus Covid19 di daerah ini pun terbilang tinggi.

Hal ini yang mendasari motif pemerintah tidak memperbolehkan sekolah untuk melaksanakan PBM tatap muka langsung di kelas.

“Kota Baubau belum memungkinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka karena angka kasus positif Covid19 di sini masih tinggi,” jelasnya.

“Kondisi ini masih kita khawatirkan keamanan dan keselamatan siswa. Dan Disdikbud tidak akan mengambil resiko,” tegasnya.

Selain itu, Ujar Asrun, mungkin saja lingkungan sekolah dinilai aman dari Covid19 tapi bagaimana perjalanannya?

“Masalahnya itu ketika siswa berangkat ke sekolah atau pulang ke rumah melalui media lain seperti Ojek atau mungkit Angkot,” tuturnya.

Olehnya itu, perlunya kesadaran masyarakat untuk memahami kondisi duka saat ini dengan tidak melakukan hal-hal negatif yang berpotensi pada resiko penularan Covid19.

“Pusat belum menghendaki pelaksanaan PBM tatap muka di wilayah zona merah termaksud Baubau,” pungkasnya. (*)

Pin It on Pinterest