Peliput : Amirul
Batauga,BP-Koperasi tidak hanya hadir sebagai lembaga simpan pinjam, namun dapat memberi berbagai manfaat bagi anggota. Yakni dengan memberikan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian warga bahkan daerah.

Setiap tahunnya KPN Lakarada SMPN 1 Batauga, kali ini digelar di Hotel Hing Amimah, Minggu (27/2) RAT ini merupakan komitmen dan semangat bersama antara pengurus, pengawas dan anggotanya.

KPN Lakarada SMPN 1 Batauga Gelar RAT

Kepala Bidang Koperasi Dinas UMKM Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Muhammad Dafid Kasri mengatakan Sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi, anggota hampir dihadiri seluruhnya dan terdaftar dalam buku keanggotan sebagaimana kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggota-nya.

“Agenda utamanya laporan pertanggung jawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi. RAT ini juga menjadi ajang silahturrahmi dan reunian seluruh anggota yang hadir,’ ucapnya.

Lanjutnya, dalam paparan laporan pertanggujawaban pengurus yang diuraikan langsung oleh ketua Taslim Afali dari aspek kelembagaan/organisasi mengalami peningkatan jumlah anggota menjadi 88 orang dan realisasi program kerja yag ditetapkan pada RAT sebelumnya berjalan dengan baik sesuai ketentuan AD/ART.

Sementara dalam laporan Keuangan melalui bendahara La Siara bahwa jumlah koperasi sampai dengan saat ini kurang lebih 1.6 Milyar. Begitupula dewan pengawas menyampaikan bahwa setiap bulan terus melakukan koreksi dan pengawasan secara berkala terhadap kerja-kerja pengurus dan pengawas menilai pengelolaan koperasi dapat berjalan secara teratur dan sesuai peraturan – perundangan yang berlaku, juga sesuai dengan AD/ART koperasi.

“Dalam pembahasan program kerja untuk terus meningkatkan kesejahteraan anggotanya mewacanakan perluasan sektor usaha seperti pembukaan warung serba ada (waserda) dan juga peningkatan SHU pada tahun buku berikutnya serta komitmen bersama seluruh anggota untuk terus membangun koperasi,” tuturnya

Ditambahkan, sebagai mitra ia mengapreasiasi dan mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus, pengawas dan anggota KPN Lakarada SMPN 1 Batauga yang telah sukses melaksanakan RAT tahun buku 2021

baca juga: Bupati Busel : Jangan Tambang Pasir Terutama Dipemukiman

“Menurut penilaian kami koperasi ini sehat dan aktif. Semog semua program kerja yang telah disahkan bersama dapat berjalan dengan baik serta kedepan kopeasi ini semakin berkembang dan berkualitas terus menyesuaikan dengan keadaan termasuk potensi digital koperasi untuk menyongsong industri 4.0,” tukasnya. (*)