Laporan: Hasrin Ilmi

BUTON, BP-Saat menghadiri acara Ramah Tamah Pelantikan Camat Lasalimu, Sekcam dan Lurah Kamaru, Minggu siang 9 Januari 2022 di Gedung Serba Guna Kelurahan Kamaru, Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si mengharapkan Camat, Sekcam dan Lurah Kamaru Kecamatan Lasalimu yang baru saja dilantik dapat mengemban amanah untuk semata-mata kepentingan masyarakat.

Bupati Buton La Bakry


“Beberapa pejabat yang sudah dilantik beberapa waktu lalu, amanah itu mudah-mudahan dapat dilaksanakan semata-mata untuk kepentingan masyarakat Lasalimu,” kata Bupati Buton.
Bupati Buton mewakili jajaran pemerintah Kabupaten Buton, lanjut orang nomor satu di Buton, menyampaikan selamat atas amanah yang diberikan kepada Camat, Sekcam, dan Lurah Kamaru. Ketua Bapera Sultra ini menegaskan agar Camat dapat mengkoordinasikan dengan baik seluruh kegiatan pemerintahan di Kecamatan Lasalimu.
“Koordinasikan seluruh kegiatan pemerintahan di Kecamatan Lasalimu. Kalau ada masalah kecil, selesaikan cepat di bawah, diskusikan dengan forkopimcam, lurah, kepala desa, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda untuk solusi terbaik,” tegas Ketua Golkar Buton.
Bupati meyakini Kecamatan Lasalimu akan menjadi kecamatan yang maju dan makmur masyarakatnya, apalagi tahun ini Insya Allah akan dilakukan pekerjaan besar tambang di Lawele.
“Insya Allah di Lawele, mudah-mudahan Covid-19 tidak lagi mengganggu kita, tahun ini akan ada kegiatan tambang yang agak besar. Saya sudah ketemu dengan beberapa investor, mungkin juga sudah ada koordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat di sini, rencana mereka akan bangun conveyor. Dari ini langsung ke laut. Jadi kapal tidak perlu sandar, tadah saja begitu, nanti conveyor yang angkat kesana. Pabrik aspal juga sudah dibangun di Jakarta dan Bekasi, dan mereka butuh banyak sekali, butuh di atas 10 juta ton pertahun. Artinya tingkat keseriusan yang tinggi, sudah jadi pabriknya dan saya minta bawa lagi ke Buton supaya jangan simpan sampah di sana. Maksudnya supaya ada serapan tenaga kerja di sini. Karena aspal yang diproduksi sekitar 20 persen atau 1/5 nya. Aspal murni yang sudah bisa bersaing dengan aspal impor,” kata Suami Delya Montolalu.
Pada kesempatan ini, tak lupa Bupati Buton mengharapkan kerja sama jajaran pemerintah dan masyarakat Lasalimu untuk menyukseskan Buton sebagai tuan rumah Porprov Sultra yang rencananya akan digelar akhir tahun 2022.
“Kita tahun ini dijalwalkan sebagai tuan rumah Porprov Sultra bersama Kota Baubau. Saya harap kita dapat menunjukan kepada 16 kabupaten/ kota lainnya bahwa kita layak menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi Kecamatan Lasalimu dan Kapontori termasuk Desa Kaongkeongkea Kecamatan Pasarwajo akan menjadi pintu masuk dari kontingen daerah lain,” tutur putera daerah Buton ini.
Di tempat yang sama, Camat Lasalimu, La Ode Zahaba, S.Hi., M.Si mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bupati Buton yang telah memberikan amanah memimpin Kecamatan Lasalimu, sekaligus memohon doa restu dari seluruh masyarakat Lasalimu dalam mengemban tugas ke depan.
“Saya sangat terharu dan mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati yang telah memilih kami untuk mengemban amanah sebagai Camat. Kami bertiga, saya, Sekcam dan Lurah Kamaru memohon doa restu masyarakat, bahwa kami tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan masyarakat, apalagi saat ini kita masih mengejar program vaksinasi atas kerja sama semua pihak yakni para tenaga kesehatan dari dua puskesmas dan aparat TNI/Polri yang terus berjuang bersama,” tutur Zahaba.
Dikatakannya, saat ini persentase vaksinasi di Kecamatan Lasalimu telah mencapai 64,5 persen per 6 Januari 2022, data sasaran vaksinasi sudah diperbaiki. Kami sudah meminta para kepala desa untuk mendata warganya yang berada di tempat. Targetnya 6 hari ke depan, kita berharap vaksinasi di Kecamatan Lasalimu dapat mencapai 70 persen dan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak dan masyarakat Lasalimu yang terus mendukung program vaksinasi,” ungkapnya.
Lebih lanjut, mantan Sekcam Lasalimu ini mengatakan visi atau slogannya membangun Lasalimu bersama jajaran yaitu “Mari Membangun Kecamatan Lasalimu dalam Bingkai Budaya yang Agamais”. Slogan ini dipilih karena tak dapat dipungkiri Kecamatan Lasalimu kultur budayanya masih sangat asli dan terus terjaga secara turun temurun.
Untuk itu, Zahaba menambahkan dalam program 100 harinya, ia akan berkunjung ke desa-desa untuk mengumpulkan seluruh kelembagaan dari tokoh adat, tokoh masyarakat, majelis ta’lim, karang taruna guna menyatukan persepsi dalam membangun Lasalimu dalam bingkai budaya dan agama.

baca juga: BKPSDM Mulai Usulkan Pemberkasan NIP 60 CPNS 2021
Turut hadir pada acara Ramah Tamah ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Buton Ny. Delia Montolalu La Bakry, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Buton Alimani, S.Sos., M.Si bersama ibu, Plt. Kadis Pariwisata Rusdi Nudi, S.Pd., M.Pd., Anggota DPRD Buton, tokoh adat, tokoh masyarakat. Ramah tamah ini digelar sebagai wujud kesyukuran atas pelantikan beberapa waktu lalu dan menjalin silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat setempat. (**)

Comments are closed.