Laporan: hengky TA

BUTON, BP-Bupati Buton, Drs La Bakry MSi menegaskan pada semua pihak untuk terus melaukan percepatan vaksin di wilayah kabupaten Buton. Penegasan Ketua Partai Golkar Buton itu disampaikan pada Rapat Koordinasi Percepatan Pencapaian Target Vaksinasi Covid 19 Dosis 2, Lansia, Booster dan Anak Kabupaten Buton Tahun 2022 pada Rabu, 2 Maret 2022 di Aula Kantor Bupati Buton Kompleks Perkantoran Takawa, Pasarwajo.

Percepatan vaksinasi


Orang nomor satu di Buton menyampaikan berkaitan dengan upaya vaksinasi ini adalah upaya kerjasama semua pihak. “Target kita akhir Maret harus 70% untuk dosis 2 dan berharap untuk tiga pekan ke depan ini bisa tuntas,” kata Bupati Buton.
Untuk itu Bupati Buton menergaskan untuk melakukan vaksin dengan planing yang terstruktur dan strategis. Semua pihak saling berkoordinasi dan masing masing wilayah menyusun langkah dan saling bersinergi.
Kita sama-sama berharap puskesmas merancang target masing masing. Minimal 5-7 persen di tiap pekannya target kita akhir Maret bisa tuntas.
“Kita harus sama sama yakin untuk hal ini dan apabila terencana baik kita pasti bisa,” kata Suami Delya Montolalu.
Lebih lanjut dikatakan cadangan vaksin di Kabupaten Buton sekarang 17 ribu, apabila tuntas semua akan naik 20 ℅ sehingga diharapkan bisa habis dalam tiga pekan tentunya dengan kerja taktis.
“Mengingat varian omicron tingkat Penularannya tinggi makanya kita upayakan vaksin ini untuk saling bahu membahu demi melindungi Masyarakat Buton melawan covid 19,” kata Bupati.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Syafaruddin S.KM M.Kes melaporkan sejak tanggal 20 Februari 2022 Buton sudah mencapai 70 persen dan sampai saat ini sudah 72% untuk dosis 1 dan untuk dosis 2 target kedepan paling lambat 31 Maret pencapaian 70 persen dosis 2 dan 70% lansia, anak, untuk dosis 2.
“Dari dosis 1 modal dasar untuk pencapaian dosis 2, kita harapkan seluruh masyarakat untuk menuntaskan vaksinasinya,” katanya.

baca juga: MTQ Tingkat Buton Tahun Ini Dipusatkan di Kecamatan Wabula
Sementara itu anggota Forkopimda Kabupaten Buton yang hadir pada Rakor tersebut mendukung langkah yang ditempuh pemkab Buton dalam menyukseskan Vaksin Dosis 2 tersebut. Selama ini Forkpimda bahu membahu dalam melakukan vaksinasi di wilayah Kabupaten. Pihak Kodim 1413 Buton, Polres Buton dan Kejaksaan Negeri Buton melakukan vaksinasi dengan berbagai cara termasuk menyediakan hadiah untuk menarik minat masyarakat dalam melakukan vaksinasi. (**)