Laporan: Prasetyo M

BAUBAU, BP – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse (LAM) mengungkapkan target vaksinasi anak usia 6-11 tqahun di Kota Baubau berjumlah 17 ribu dengan sasaran sekolah dasar dan madrasah ditambah anak putus sekolah. LAM mengungkapkan hingga akhir Januari 2021 barui 40 persen anak yang divaksin.

“jumlah ini masih dibawah target, karena sebenarnya kita optimis sampai akhir Januari kita sudah bisa mencapai target 70 persen. Namun kenyataannya baru saya dapat laporannya rupanya masih sekitar 30-40 persen,” ucapnya, ketika di konfirmasi, Senin (31/01/2022).

Vaksinasi terhadap anak 6-11 tahun yang akan dituntaskan sampai habis itu, lanjut dia, tidak hanya melibatkan dinas kesehatan dan puskesmas, tapi pemerintah daerah dalam hal ini organisasi perangkat daerah (OPD) benar-benar tanggungjawab sehingga diharapkan keterlibatan semua pihak.

“Kami membagi zona dengan melibatkan OPD-OPD. Jadi masing-masing OPD bertanggungjawab untuk memobilisasi peserta vaksin sekaligus memberikan sedikit stimulan kepada anak-anak misalnya boneka atau mainan-mainan yang merangsang mereka untuk bisa hadir ditempat vaksinasi,” ujarnya.

Sekaligus, lanjut LAM, dalam tugas untuk itu mereka sembari membantu dinas kesehatan atau Puskesmas diwilayah itu untuk menjelaskan tentang manfaat vaksin kepada orang tua yang enggan membawa anaknya ditempat vaksin.

baca juga: Target WTP, Monianse Minta OPD Siapkan Kebutuhan Pemeriksaan BPK

“Jadi ini semua pihak terlibat, tadinya kan cuma dinas kesehatan, puskesmas, sekarang kita harapkan OPD punya tanggungjawab wilayah, misalnya OPD A dengan OPD B itu bertanggungjawab diwilayah tertentu yang misalnya SD apa dikecamatan mana itu akan didampingi organisasi perangkat daerah (OPD) mana,” ucapnya.(**)

Comments are closed.