Laporan: Amat Jr

BAUBAU, BP-Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat Kota Baubau tentang pentingnya menjaga Kelestarian Budaya sebagai warisan leluhur. Pasalnya, selain dapat menjadi sebuah kebanggaan, juga sebagai bukti tentang tingginya peradaban dimasa lampau.

Hal tersebut disampaikan La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya, saat menghadiri kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun Zonasi Benteng Keraton Wolio. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau ini, dilaksanakan di Hotel Zenith Baubau, Sabtu (28/5/2022).

“Keberadaan Cagar Budaya ini merupakan suatu bukti bahwa leluhur kita sudah mempunyai peradaban tinggi dimasanya. Sehingga kita sebagai generasi penerus sangat perlu untuk bisa melestarikannya dan mewariskannya kembali kepada generasi berikutnya secara utuh,” ujar La Ode Ahmad Monianse.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini mengatakan, untuk bisa mewariskan hal tersebut kepada generasi selanjutnya, maka banyak hal yang perlu dilakukan. Di mana, selain menjadi tanggung jawab pemerintah, juga merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian Cagar Budaya tersebut.

“Saya minta Camat dan Lurah dapat bersama-sama untuk melakukan upaya-upaya yang sistematis di wilayahnya masing-masing. Membuat perencanaan, agar peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Kota kita ini dapat terus terjaga kelestariannya, sehingga bisa kita wariskan secara utuh kepada generasi berikutnya,” himbaunya.

La Ode Ahmad Monianse juga menilai, kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun Zonasi Benteng Keraton Wolio tersebut juga merupakan satu upaya untuk terus menjaga agar Cagar Budaya yang ada di Kota Baubau dapat terus terjaga dan terpelihara. Untuk itu pihaknya sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan tersebut.

baca juga: Monianse Support Ikatan Apoteker Indonesia Kota Baubau Mau Turun Sosialisasi Kebawah Sebagai Profesi Yang Terhormat

“Atas nama Pemerintah Kota Baubau, saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, mengingat bahwa kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk melestarikan sesuatu yang sangat membanggakan di Kota kita ini. Ini merupakan tindakan nyata, untuk menjembatani kepentingan masa lalu untuk masa depan,” pungkasnya.(**)