– Walikota: Penerapan Peran Gender di Baubau Efektif

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Selamat Kepada Pemkot Baubau yang kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kota Peduli HAM tahujn 2016. Tahun 2015, Kota Baubau pertama kalinya menerima penghargaan Kota Peduli HAM yang penyerahannya langsung diserahkan MenkumHAM Yasonna Laoly MH dan langsung diterima Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH.
Tahun ini, Walikota langsung mendelegasikan Wakil Walikota Baubau Hj Wa Ode Maasra Manarfa MSi untuk menerima penghargaan itu yang juga diserahkan langsung MenkumHAM Yasonna Laoly di Surabaya. “Jadi SK nya sudah ada. Saya minta langsung kepada Ibu Wakil Walikota untuk menerima penghargaannya,” katanya, Kamis (08/12) usai memberikan beasiswa Korsel kepada 145 pelajar dan mahasiswa di Sorawolio
AS Tamrin menyebutkan bahwa Baubau mendapatkan kembali predikat Kota Peduli HAM itu karena salah satu indikatornya adalah Pemkot Baubau berhasil memberdayakan perempuan di sektor pemerintahan. Selain itu, lanjutnya, meskipun selalu ada riak-riak dari anak-anak di Baubau, namun aparat dan pemerintah cepat meredam riak-riak itu hingga tidak menimbulkan kekacauan besar.
Dr HAS Tamrin mengatakan sejauh ini pemerintahannya berjalan lancar dan tidak pernah berpikir selalu mau mendapatakan prestasi atau penghargaan HAM itu. Dr HAS Tamrin mengatakan selama ini pihaknya hanya kerja ikhlas saja. Kalau pun ada penghargaan seperti ini, maka itu sudah tentu akan dijadikannya sebagai motivasi agar bekerja lebih baik untuk masyarakat Tana Wolio.
“Makanya kita gemakan itu namanya PO-5 di sekolah-sekolah. tmasuk
kita tanpa ada motivasi seperti itu sudah kita lakukan makanya kiya gemakan itui PO5 itu disekolah-sekolah. HAM itu kan memang batasnya menyangkut kebebasan orang lain,” katanya lugas. (***)

Pin It on Pinterest