Peliput: Alyakin Editor : Hasrin Ilmi

PASARWAJO, BP – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Buton kembali membuka Musyawarah Penyelesaian Sengketa Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton Tahun 2017. Hal ini disebabkan adanya putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Nomor 56-57 berkaitan dengan penetapan pasangan Calon Kepala Daerah.

Musyawarah Penyelesaian Sengketa Bupati dan Wakil Bupati Buton 2017 yang diselenggarakan oleh Panwasslu Buton di sekertariat panwaslu Buton, karena Pasangan Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Buton yakni H Hamin dan Farid Bachmid pada 30 Novenber telah melaporkan dan registarsi di Panwaslu Buton tentang putusan KPU Buton Nomor 56-57 terkait dengan penetapan pasangan calon.

Ketua Panwaslu Buton, La Saluru Spd SD, ketika dikonfirmasi Baubau Post usai kegaitan mengatakan, Hari ini (Minggu-Red) kita menyelanggarakan musyawarah pertama dimana Pihak pemohon membacakan materinya dan pihak termohon memberikan tanggapannya.

Muswarah penyelesaian Sengketa Bupati dan Wakil Bupati buton 2017, sesuai regulasi akan dilakasanakan selama 12 Hari setelah itu keputusan, Lanjut dia, dimana Pasangan Bakal calon bupati dan wakil bupati buton 2017, H Hamin dan Farid Bachmid pada 30 Novomber 2016 telah melakukan registrasi di Panwaslu Buton tentang putusan KPU Buton Nomor 56-57 terkait penetapan pasangan Calon.

“Intinya adalah sengketa penyelesaian Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017 yang diajukan pasangan Bakal Calon, H Hamin dan Farid Bahcmid tentang surat keputusan KPU Buton nomor 56-57 terkait dengan penetapan pasangan calon,” jelasnya

Hari kedua (Senin Red), Kata dia, kami akan kita melakukan pemeriksaan dan bukti-bukti pada pihat Pemohon yakni pasangan H Hamin dan Farid Bachmid dan Termohon dari pihak KPU Buton sampai dengan keputusan.

Sementara itu, Kuasa hukum H Hamin dan Farid Bachid, Imam Ridho Angga Yuwono SH dari pihak pemohon, mengatakan akan menhadirkan empat orang saksi dan penyerahan bukti-bukti yang ada. “Nanti dilihat perkembangan besok, (Senin-Red), untuk saksi fakta empat orang akan hadir serta bukti- bukti yang dipersiapkan,” katanya

Sedangkan, Kuasa hukum KPU Buton, Sukur SH, dari pihak termohon akan menghadirkan dua orang saksi dan bukti-bukti. “Kemungkinan Besok (Senin-Red), untuk dua orang sakisi tidak bisa menghadirinya tetapi akan diupayakan bisa hadir untuk mengikuti musyawarah penyelesaian Sengketa pilkada yang diselenggarakan Panwaslu Buton,” ucapnya

Pantaun Media ini, Kegiatan tersebut dimulai diperkirahkan Pukul 15.00 Wita Mingggu Sore di Sekertarit Panwaslu Buton serta Berdasarkan pembukuan Registrasi yang hadir di Panwaslu Buton untuk melaksanakan Musyawarah Penyelesaian Sengketa Bupati dan Wakil Bupati Buton 2017 yakni Dari pihak Pemohon. H Hamin dan Farid Bachid diserahkan paa kuasa hukumnya, Imam Ridho Angga Yuwono SH, Hasno SH dan Bahtiar SH dan Pihak Termohon. KPU Buton Samiru SH dan Sukur SH. (*)

Pin It on Pinterest