Peliput: Iman Supa

RAHA, BP – Bupati Muna, Rusman Emba kembali melakukan pelantikan terhadap 42 Kepala Desa (Kades) yang terdiri dari, 31 desa persiapan maupun 11 pelaksana tugas kepala desa di Aula Galampano Kantolalo, Jumat (17/2).
Dalam pelantikan, Bupati yang dikenal ramah dengan berbagai elemen masyarakat ini, mengingatkan pada Kapala desa yang baru dilantik adanya pergeseran pemberian pelayanan pada masyarakat di zaman dulu dengan zaman modern.
“Dimasa lalu secara struktur Kepala Desa mendapat pengakuan pada masyarakat yang ingin dihormati maupun dilayani namun di zaman modern ini telah berubah Kepala desa sebagai abdi negara yang ditugaskan melayani masyarakat sehingga apapun keluhan dan masalah yang terjadi patut berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah,” ungkap Rusman Emba.
Kepemimpinan kades dihadapkan dengan nilai anggaran yang fantastik baik bersumber dari APBN (DD) Maupun APBD (ADD) maupun dorongan dana pendamping.
“Anggaran yang bernilai fantastik harus dikelola dengan kreatif dan cerdas, apalagi komunitas dengan kementerian pertanian mendapat pengembangan jagung seluas 50 ribu hektar, jika dimaksimalkan dengan baik masyarakat akan lebih sejahtera,” terangnya.
Lanjutnya, Bupati yang terus berusaha melakukan perubahan secara signifikan di Muna, menceritakan pertemuannya bersama dengan Wakil Presiden RI, Bapak Jusuf Kalla yang memaparkan bebarapa potensi yang ada seperti dibidang Pertanian, Perikanan, Pariwisata maupun karakter masyarakat Muna.
“Dengan paparan potensi, Pak JK Langsung mengutus staf ahli, Sofyan Wanandi untuk datang di Muna dalam memantau dalam mengeksplorasi yang bisa dikembangkan,” lanjutnya.
Pengembangan dibidang Pariwisata, menurutnya akan menjadi tali pemersatu masyarakat Muna maupun masyarakat luar. “Melalui gerbang pariwisata masyarakat Muna yang ada diluar daerah akan merasa bangga atas potensi alam sehingga ada pemikiran untuk terus melakukan pengembangan potensi,” tutup Rusman. (*)

Pin It on Pinterest