Kepala Disnakertrans Buteng La Saripi

Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Perluasan lapangan kerja merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun, khsusnya di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) saat ini lapangan pekerjaan masih sangat minim.

Kepala Disnakertrans Buteng La Saripi
Kepala Disnakertrans Buteng La Saripi

Untuk itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Buteng telah mengantisipasi dan mengatasi pengangguran yang ada di Buteng, dengan berkoordinasi dengan Badan Latihan Kerja (BLK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dimana, pihaknya meminta beberapa kelompok untuk mengikuti pelatihan menjahit dan perbengkelan.

“Untuk ketersediaan lapangan kerja di Buteng sangat minim, tapi kita sudah mengusulkan pelatihan di BLK Sultra,” ungkap La Saripi, Kepala Disnakertrans Buteng saat dikonfirmasi di ruangannya.

Lanjutnya, untuk pelatihan menjahit pihaknya mengusulkan dua kelompok sebanyak 32 orang, dengan catatan masyarakat atau ibu-ibu masih produktif kemudian ada dasar menjahit, BLK sudah siap memberikan pelatihan menghadirkan instruktur selama satu bulan. Dimana, peserta hanya menyiapkan mesin jahit sendiri, BLK hanya menyiapkan bahan seperti benang.

“Sedangkan kelompok otomatif atau perbengkelan, untuk bongkar pasang motor hanya satu kelompok, sebanyak 16 orang,” jelasnya.

Namun, akibat adanya PSBB di Jakarta, maka anggran pusat di hentikan, akan tetapi kelompoknya sudah masuk. Sehingga kelompok yang sudah masuk di BLK akan tetap diamankan, untuk Buteng sesui permintaan menjadi skala prioritas pada tahun 2021.

“Paling lama April sudah mulai berjalan, yang seharusnya November sudah harus berjalan, karena adanya pandemi virus corona maka di undur hingga 2021,” tutupnya. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel:

PU PROVINSI SULTRA PERBAIKI SEMENTARA JEMBATAN DI DESA LA UKI, BUTUR PAKAI DANA PEMELIHARAAN

JEMBATAN PENGHUBUNG YANG RUSAK PARAH INI DIPERBAIKI SEKITAR BULAN MEI 2020. JEMBATAN INI MERUPAKAN SATU-SATUNYA JEMBATANG PENGHUBUNG TIGA DESA DI KABUPATEN BUTON UTARA UNTUK MENUJU IBUKOTA KABUPATEN. MESKI HANYA MENGGANTI KAYU-KAYU YANG LAPUK, TAPI MASYARAKAT BUTUR AMAT BERSYUKUR ATAS RESPON YANG DIBERIKAN OLEH PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest