Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Lapangan Stadion Betoambari Kota Baubau yang dirancang standsar nasional menggunakan rumput impor dari Jepang yaitu Zoysia Matrella atau biasa disebut dengan rumput Manila. Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dispora Kota Baubau Maaruji Spd MPd mengatakan jenis rumput ini banyak digunakan distadion besar di Indonesia.

Kadispora Provinsi Sultra Trio Prasetyo Praharso, bersama Plt Kadispora Kota Baubau Abdul Rahman dan Kabid Peningkatan Prestastasi Maaruji, serta kontraktor Hariono Dahuri meninjau Stadion Betombari

Dia pun mengungkapkan Lapangan Stadion Betoambari yang akan digunakan pada pekan olaharaga provinsi (Porprov) ke 14 mulai ditanami rumput Zoysia Matrella sejak Desember 2021. “Setelah memasuki bulan Januari 2022 sudah melihat terlihat rumputnmya mulai tumbuh,” sambungnya.

Kesulitan dalam menanam rumput ini adalah biji-bijiannya banyak dimakan burung. Sehingga terlihat masih ada bagian-bagian dari lapangan yang kosong. “Makanya saya setiap hari datang ke stadion melihat perkembangan rumput ini,” kata Maaruji.

Sementara itu Plt Kadispora Kota Baubau Abdul Rahman mengatakan bibit Zoysia Matrella ini tidak hanya dihambur di atas tanah, tapi ditanam sehingga nanti dia akan lebih kuat dan tidak mudah tercabut. “Kalu begini kan nanti lapangan ini berumur panjuang, karena akarnya kuat kebawah,” tuturnya, ketika di wawancara di Kawasan Stadion Betoambari akhir pekan lalu.

Hal senada sebagaimana yang disampaikan kontraktor yang mengerjakan renovasi lapangan bola Stadion Betoambari Hariono Dahuri mengungkapkan bibit ini mereka hamparkan terlebihdahulu diatas tanah, kemudian dilapis lagi dengan tanah merah. “Jadi memang bibitnya berada dibawah lapisan tanah merah ini,” ucapnya.

Ditanya harga bibit rumput Zoysia Matrella?, Hariono mengatakan per gramnya sama dengan harga emas. “Untuk anggaran pengadaan rumput ini kami sediakan kurang lebih Rp 100 juta.

baca juga: Harga Telur Naik, Kadis Perindag Baubau Ali Hasan Akui Stoknya Kurang

dikutib dari indosport.com, beberapa stadion yang memakai rumput jenis Zoysia Matrella di Indonesia adalah Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Maguwoharjo, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, dan Stadion Wibawa Mukti. (***)

Comments are closed.