Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Lapangan Stadion Betoambari Kota Baubau yang mengalami renovasi agar lebih nyamana digunakan ketika menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 14 tinggal menunggu rumput yang ditumbuhkan. Sebagaimana diketahui bibit rumputnya merupakan rumpur impor dan harganya sangat mahal.

Dispora Provinsi Suoltra ketika meninjau renovasi Lapangan Stadion Betambari Baubau

Kontraktor yang mengerjakan Lapangan Stadion Betoambari Hariono mengatakan saat ini pihaknya tengah menunggu rumput impor yang ditanamnya tumbuh. Dia pun mengaku untuk menumbuhkan rumput impor itu pihaknya tidak hanya menempatkan bibit rumput pada lapangan Stadion Betoambari, akan tetapi juga menanam bibit itu di lokasi lain.

“Kalau sudah tumbuh rumputnya, lapangan ini tinggal kami bomak (ratakan-red). Jadi pekerjaannya ini memang harus diratakan. Jenis rumput ini tidak meninggi tapi dia menjalar. Akarnya akan menancap ke tanah. Jadi Kaolau sudah tumbuh ini bisa di bomak supaya lapangannya rata,” jelasnya.

Sebelum menabur bibit di lapangan, Hariono mengatakan pihaknya terlebih dahulu menimbun lapangan ini. “Jadi dasarnya kami timbun dulu dengan tanah kasar, lalu ditimbun lagi dengan tanah merah, setiap lapisan tanah itu selalu kami bomak, agar padat dan rata. Sebelum lapisan paling atas di timbun, terlebih dahulu bibit rumput ini di taburkan,” tuturnya.

baca juga: Anggota Jurnalis SMAN 3 Baubau Dilatih Produksi Berita TV, Hasil Pelatihan Jadi Satu Buletin Berita TV

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dispora Kota Baubau Maaruji mengatakan pihanya berharap rumput lapangan Stadion Betombari Baubau pada bulan Maret sudah tumbuh, sehingga lapangan ini sudah bisa dibomak. “Ini beruntung kita berada di musim hujan saat menabur benih rumput, sehingga kami hanya datang mengawasi saja lapangan ini. Kalau ada yang masih bolong-bolong itu kami tabur kembali bibitnya,” tuturnya. (***)